Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Tabrak Pagar Rumah Tetangga Saat Parkir Mundur

Kompas.com - 05/04/2023, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan tayangan saat mobil menabrak pagar rumah tetangga ketika pemiliknya hendak mengeluarkan mobil dari garasi.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram bernama @terlalutuman, Rabu (5/4/2023). Dalam rekaman tersebut terlihat pengemudi mobil yang terlihat sudah lanjut usia ingin mengeluarkan mobil garasi rumahnya.

Namun diduga karena tidak fokus, pengemudi hilang kendali dan mobil tersebut kemudian meluncur bebas hingga menabrak pagar rumah yang berada di seberang jalan.

Baca juga: Kasus Kecelakaan Maut Mobil Bupati Kuningan, Bagaimana Siasati Sopir yang Mengantuk?

Detik-detik seorang bapak menabrak pagar rumah tetangga saat hendak mengeluarkan mobil dari garasi. Diduga tidak fokus saat akan mengeluarkan kendaraan dari garasi rumah, pemilik mobil hilang kendali dan menabrak pagar rumah tetangga,” tulis unggahan tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada dua hal yang menjadi perhatian dalam kejadian tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Terlalu Tuman (@terlalutuman)

“Pertama, pengemudi harus melakukan SOP dengan benar untuk tujuan meminimalisir bahaya-bahaya kecelakaan. Misalnya, menghidupkan mesin posisi gear netral, kemudian rem tangan dalam keadaan aktif,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Rabu (5/4/2023).

Selanjutnya pastikan sekeliling kendaraan ‘clear’ alias aman dari pengguna jalan lain. Lakukan pengecekan dengan spion.

“Posisi kaki kanan di depan pedal rem dan kaki kiri kopling (mobil manual). Ketika SOP ini benar maka seorang pengemudi memastikan kendaraan dalam kontrolnya,” kata Sony.

Baca juga: Pria Ini Beli All New Toyota Agya Cuma Bayar Satu Rupiah

Tak hanya itu, menurut Sony, pengemudi juga harus sadar terhadap kondisinya ketika ingin berkendara.

“Lelah, sakit, habis minum obat, motoriknya terganggu karena sudah lanjut usia dan lain-lain yang bisa membahayakan, jadi jangan memaksakan diri, sebaiknya menjauh dari operasional kendaraan,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com