Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Kendaraan di GT Cikampek Utama Diprediksi Naik sejak H-7 Lebaran

Kompas.com - 04/04/2023, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), memprediksi bakal terjadi peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang lebih tinggi pada musim mudik Lebaran 2023, dibanding November 2022 lalu.

Direktur Bisnis PT JTT Pratomo Bimawan Putra mengatakan, prediksi peningkatan volume kendaraan pada H-7 sampai H+7, atau 15-30 April 2023, akan terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama).

"PT JTT memprediksi akan terjadi lonjakan volume sebanyak 887.100 kendaraan atau 94,85 persen lebih banyak dibandingkan kondisi normal November 2022," kata Pratomo, dalam keterangan resminya Selasa (4/4/2023).

Lebih lanjut untuk arus balik, diprediksi terjadi lonjakan sebanyak 809.997 kendaraan atau 69,22 persen lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal November 2022.

Baca juga: Diprediksi Meningkat, Pertamina Jamin Ketersediaan BBM di Musim Mudik

Untuk menghadapi tingginya lonjakan volume kendaraan, JTT telah memberikan usulan berupa pembatasan operasional angkutan barang yang direncanakan pada 17-23 April 2023 untuk arus balik, dan 24-26 April 2023, serta 29 April 2023 hingga 2 Mei 2023 untuk arus balik.

Pantauan lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek UtamaDOK. JASA MARGA Pantauan lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama

Meski demikian, pelaksanaannya rekayasa lalu lintas selama Operasi Lebaran 2023 akan diatur melalui Surat Keputusan Bersama (SKB), dan pelaksanaan di lapangan akan mengikuti diskresi kepolisian serta stakeholder terkait.

Selain itu, Pratomo mengatakan, JTT juga melakukan rencana pengoperasian pelebaran ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan tambahan satu jalur pada Km 50 sampai Km 66 arah Cikampek, dan Km 61 sampai Km 50 untuk arah Jakarta.

Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas layanan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, serta optimalisasi pelaksanaan contraflow menggunakan dua sampai tiga jalur.

Dengan demikian, diharapkan masih bisa memberikan akses bagi pengguna jalan yang akan menuju dan dari Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padaleunyi pada periode arus mudik dan balik.

Baca juga: Deretan SUV Murah di Bawah Rp 250 Juta yang Siap Dipakai Mudik

Corporate Communication and Community Development Group Head Lisye Octaviana menjelaskan, pihaknya telah menyediakan sejumlah pos pantau di beberapa titik lokasi kantor gerbang tol yang melayani lalu-lintas utama pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2023, yaitu Media Center Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC), Pos Pantau Cikampek Utama, Pos Pantau Kalikangkung, dan Pos Pantau Warugunung.

Antrean kendaraan menuju arah Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran 2022, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H+5 atau 8 Mei 2022.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Antrean kendaraan menuju arah Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran 2022, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H+5 atau 8 Mei 2022.

"Pos Pantau tersebut nantinya bisa digunakan sebagai tempat untuk melakukan koordinasi permintaan update informasi layanan lalu lintas selama periode arus mudik dan balik Lebaran yang akan disampaikan kepada masyarakat," kata Lisye.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com