Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Toyota Raize dan Nissan Magnite, Siapa Lebih Canggih

Kompas.com - 04/04/2023, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pabrikan roda dempat menangkap peningkatan tren Sport Utility Vehicle (SUV) dengan melansir berbagai model SUV untuk mengisi celah yang ada salah satunya yaitu SUV ringkas.

Sebelumnya Kompas.com sudah membandingkan desain Toyota Raize dan Nissan Magnite. Kali ini akan membahas soal fitur, sebab selain desain fitur merupakan faktor penting seseorang tertarik dengan mobil.

Baca juga: Daftar Harga City Car Jelang Lebar, Mana yang Paling Mahal?

Toyota Raize GR SportKompas.com Toyota Raize GR Sport

Beberapa fitur Magnite cukup modern. Mulai panel instrumen 7 inci TFT dengan Drive Assist Display, penggunaan kunci smart keyless dan dipadukan dengan kehadiran tombol start-stop.

Untuk rasa berkendara, teknologi modern tersemat fitur Cruise Control dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Around View Monitor (AVM), dan Hill Start Assist.

Kemudian fitur pelengkap keselamatan lainnya juga sudah menjadi standar dari Magnite, mulai dari Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), dan Hill Start Assist (HSA).

Nissan MagniteKOMPAS.com/Adityo Wisnu Nissan Magnite

Magnite dibekali mesin 1.000 cc, 3-silinder dengan induksi turbo. Di atas kertas mampu menghasilkan 98,6 Tk pada 5.000 rpm dan torsi 152 Nm pada 2.200 rpm hingga 4.400 rpm. Tenaga dikirim ke roda menggunakan transmisi CVT.

Baca juga: Ingin Mobil Terlihat Kinclong Saat Lebaran? Bawa Saja ke HD Care Semarang 35

Menilik mesin rupanya mengusung teknologi kepunyaan Nissan GT-R. Mesin HRAO Turbo yang itu menggunakan teknologi mirror bore cylinder coating.

Fungsinya mengurangi resistensi di dalam mesin, mengurangi bobot, meningkatkan manajemen panas dan pembakaran, sampai menghasilkan akselerasi lebih halus dan konsumsi BBM efisien.

Mesin 1.0L Turbo Toyota Raize GR SportKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mesin 1.0L Turbo Toyota Raize GR Sport

Adapun Raize bisa dibilang jadi SUV ringkas dengan fitur keamanan paling canggih berkat adanya Toyota Safety Sense (TSS) dan 6 buah airbag, khususnya untuk varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS.

TSS terdiri dari beberapa fitur keselamatan dan bantuan pengemudi, seperti fitur Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Allert dan Blind Spot Monitor, serta Pedal Missoperation Control.

Baca juga: Uji Kesenyapan Kabin Wuling Alvez

Interior Toyota Raize GR Sport Non-TSSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Interior Toyota Raize GR Sport Non-TSS

Selain itu, seluruh tipenya juga sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem ABS, VSC, HSA, Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Untuk interior Raize juga dilengkapi dengan advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan Smart Device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder.

Raize turbo mengusung mesin 1KR-VET, 998 cc berkonfigurasi 3 silinder turbo. Berkat suntikan udara paksa, mesin mampu menghasilkan 98 tk dan torsi 140 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com