Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kawasaki Hanya Pasarkan Varian Teratas Ninja ZX-4RR

Kompas.com - 04/04/2023, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasaki Ninja ZX-4RR secara resmi masuk Indonesia pada akhir Maret 2023. Berbeda dari tipe ZX-25R yang punya beberapa varian, ZX-4RR hanya ada satu model.

Michael C Tanadhi, Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia, mengatakan, pihaknya tidak memasukkan varian ZX-4R yang lebih murah.

Alasannya, Kawasaki berkaca dari penjualan Kawasaki Ninja ZX-25RR yang telah hadir dalam 3 varian, yakni standar, SE, dan RR.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Jelang Lebaran, mulai Rp 134 Juta

Kawasaki Ninja ZX-4RRKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Kawasaki Ninja ZX-4RR

Konsumen dianggap selalu menginginkan motor dengan spesifikasi tertinggi, sementara hanya sedikit konsumen yang menginginkan spesifikasi yang lebih rendah.

“Satu karena itu motor impor, kuota impor kami juga kan terbatas jadi kami luncurkan yang high spec-nya sekalian,” ujar Michael di Jakarta (1/4/2023).

“Karena kami tahu konsumen Indonesia, belajar dari ZX-25 lah, 70 persen lebih (lebih suka varian tertinggi),” kata dia.

Baca juga: Apakah Ban Mobil yang Kedaluwarsa Masih Boleh Dipakai?

Sebagai informasi, pada tahap awal Ninja ZX-4RR hanya masuk ke Indonesia sebanyak 40 unit. Dari jumlah tersebut, hanya 15 unit yang disediakan untuk konsumen di Jabodetabekser. Sementara sisanya dibagikan ke daerah-daerah lain di Indonesia.

PT KMI mengadakan sistem pengundian alias raffle buat konsumen Ninja ZX-4RR. Dalam undian tersebut, tercatat terdapat 655 konsumen di Jabodetabekser yang berminat.

Dari jumlah tersebut diundi sebanyak 50 orang untuk dapat mengikuti undian lanjutan di diler PT KMI.

Baca juga: Ganjil Genap Jakarta Juga Berlaku di 28 Akses Gerbang Tol

Kawasaki Ninja ZX-4RR didatangkan secara utuh dari Thailand ini, dijual terbatas pada batch pertama sebanyak 40 unit saja.Dok. KMI Kawasaki Ninja ZX-4RR didatangkan secara utuh dari Thailand ini, dijual terbatas pada batch pertama sebanyak 40 unit saja.

Dalam undian lanjutan itu pun hanya 15 orang yang berhak membawa pulang ZX-4RR dan sisanya harus menunggu batch selanjutnya.

Seperti diketahui, Kawasaki Ninja ZX-4RR menjadi satu-satunya motor 400 cc 4-silinder di Indonesia. Perihal harganya, motor ini banderol Rp 239,9 juta OTR Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com