Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Innova Bekas Versi Bensin Naik Jelang Lebaran

Kompas.com - 25/03/2023, 12:42 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Momentum puasa dan Lebaran pada tahun ini turut meningkatkan permintaan mobil bekas. Dari sekian banyak model, Toyota Kijang Innova masih jadi pilihan sejumlah konsumen.

Meski begitu, ada perubahan tren konsumen yang mencari Innova bekas. Di mana komposisi Innova bensin saat ini rupanya lebih diminati ketimbang Innova diesel.

“Memang Innova masih sangat diminati, yang suplai yang banyak itu bensin, karena diesel suplainya sedikit juga,” kata Jany Candra, CEO PT Autopedia Sukses Lestari di Tangerang, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pahami Kode Sein Truk, Jangan Asal Salip Biar Enggak Celaka

Deretan mobil bekas di Flagship Showroom Caroline SerpongDok. Caroline Deretan mobil bekas di Flagship Showroom Caroline Serpong

Jany mengatakan, tren penurunan permintaan Innova diesel sebetulnya seiring dengan peningkatan harga jual bahan bakar mesin diesel dibandingkan bahan bakar mesin bensin.

Semisal harga Pertamina Dex per Maret 2023 sebesar Rp 15.580 per liter dan Dexlite Rp 14.950 per liter. Adapun Pertamax Rp 13.300 per liter dan Pertamax Turbo Rp 15.100 per liter.

“Innova diesel mahal dan akhirnya memang harganya juga turun, karena harga bahan bakar dieselnya kan mahal,” ucap Jany, yang memimpin platform jual beli mobil bekas Caroline.

Baca juga: Bolehkah Ban Tubeless Pakai Ban Dalam?

“Jadi dulu orang beli diesel supaya irit bahan bakar, sekarang kan biaya bahan bakarnya juga mahal juga. Sekarang malah turun (Innova diesel),” ujarnya.

Dilansir dari situs jual beli daring, harga Innova Reborn bensin 2016 dipasarkan mulai Rp 260 jutaan sampai Rp 290 jutaan. Sedangkan Innova Reborn diesel tahun yang sama, dari Rp 310 jutaan sampai Rp 340 jutaan.

Meskipun lebih mahal tipe diesel, namun harga ini masih lebih terjangkau ketimbang banderol sebelum Pertamina Dex ataupun Dexlite melambung tinggi.

Baca juga: Keluar Masuk Gang Jangan Asal Belok, Ada Etikanya

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

Sementara itu, Andi Supriadi, pemilik diler mobil bekas Jordy di MGK Kemayoran, mengakui, permintaan Innova bensin sedang meningkat.

“Innova diesel masih dicari konsumen. Tapi versi bensinnya juga lagi banyak penggemarnya,” kata Andi, kepada Kompas.com (25/3/2023).

Beda dengan Jany, Andi justru menjelaskan stok Innova jelang Lebaran 2023 masih cukup banyak, tapi dari segi harga memang lebih tinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com