Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Atau fakta, Mengegas Mobil Sebelum Mesin Mati Bikin Aki Sehat?

Kompas.com - 11/03/2023, 08:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kebiasaan yang berkembang oleh para pemilik kendaraan di Indonesia, khususnya mobil transmisi manual. Kebiasaan itu yakni mengegas atau menginjak pedal gas mobil sesaat sebelum mesin dimatikan.

Konon katanya, menginjak pedal gas mobil sebelum dimatikan akan membuat aki mobil terisi kembali dan mobil mudah dinyalakan pada penggunaan selanjutnya. Apakah benar demikian?

Disampaikan oleh Ekowati, Technical Leader Auto2000 Kalimalang Jakarta Timur, kebiasaan tersebut tidak ada efeknya, alias mitos belaka.

“Nginjak pedal gas sebelum dimatikan itu engak ada efeknya ya. Enggak ngaruh sama sekali terhadap kesehatan mobil,” kata Ekowati kepada Kompas.com, Jumat (10/3/2023).

Baca juga: Chery Target Buka 55 Diler, Omoda 5 Jadi Andalan

Ilustrasi parkir mobilunsplash.com/Michael Fousert Ilustrasi parkir mobil

Menurut Eko, kebiasaan yang harusnya dilakukan oleh pengendara sebelum mematikan mobil adalah mematikan tombol-tombol elektrikal.

“Justru yang kami sarankan adalah mematikan semua komponen elektrikal seperti AC, radio, dan Head unit yang ada sebelum mematikan mobil. Tujuannya supaya aki mobil tidak menerima beban besar ketika mobil dinyalakan kembali,” katanya.

Jika hal itu dilakukan, kondisi kesehatan dan masa penggunaan aki bisa meningkat. Ini adalah salah satu metode perawatan yang sangat disarankan oleh teknisi.

“Jadi lain kali, cukup matikan saja AC, radio, dan head unit, saja. Enggak ngegas lagi sebelum mematikan mobil,” ucap Eko sambil tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com