Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Pasang Stiker Mobil, Bisa Hindari Lecet

Kompas.com - 04/03/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melapisi mobil dengan stiker atau decal menjadi salah satu cara praktis untuk bikin tampilan mobil jadi lebih keren.

Cara ini cukup banyak dipilih oleh para pecinta modifikasi, lantaran mudah dilakukan. Selain itu harganya juga lebih terjangkau dibanding mengecat mobil dengan teknik airbrush.

Tak hanya bisa mendongkrak tampilan mobil, stiker juga ternyata memiliki manfaat, yakni melindungi cat. Sebab, material stiker lebih tahan terhadap lecet ketimbang cat.

Baca juga: Motor Listrik Saat Ini Sudah Makin Aman

Stiker itu lebih tahan dari goresan. Ada beberapa konsumen saya, mobil mereka sempat kesenggol sampai baret, tapi body-nya aman. Karena hanya stikernya yang tergores,” ucap Yudi, pemilik dari Yudi Sticker, saat ditemui Kompas.com di Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (3/3/2023).

Yudi menambahkan, stiker yang digunakan untuk melapisi bodi bisa bertahan hingga bertahun-tahun, tergantung dari pemakaian konsumen.

ilustrasi pemasangan stiker mobilKompas.com/Nanda ilustrasi pemasangan stiker mobil

“Kalau saya menyarankan satu tahun setengah atau dua tahun, tapi kadang ada mereka yang sampai lima tahun. Bahkan, saya pernah ketemu konsumen yang sampai delapan tahun stikernya masih nempel dan utuh. Jadi tergantung pemakaian,” kata dia.

Sementara itu, untuk perawatan body mobil yang dilapisi stiker menurut Yudi cukup mudah.

Baca juga: Skutik Bunyi Kasar, Belum Tentu Masalahnya dari Roller dan V-Belt

“Paling untuk perawatannya biasanya mencuci dengan air biasa saja tanpa menggunakan shampo. Karena menurut saya, kalau shampo dan mengering bisa menimbulkan efek jamur,” ucap Yudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com