Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota bB Langka Hanya Ada 12 Unit di Indonesia, Dijual Rp 300 Jutaan

Kompas.com - 03/03/2023, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada sejumlah mobil yang dijual di Indonesia dalam bentuk Completely Build Up (CBU) melalui jalur importir umum (IU). Salah satunya seperti Toyota bB yang tim redaksi temui di Bursa Mobil Blok M Mall, Kamis (2/3/2023).

Mobil mini multi purpose vehicle (MPV) berkapasitas 5 penumpang ini begitu menarik perhatian lantaran bentuknya yang unik dan menggemaskan.

Baca juga: Debt Collector Rampas Kendaraan yang Menunggak, Ini Hukum yang Berlaku

Tak hanya itu, model yang dijual ternyata berstatus Japanese Domestic Market (JDM) cars ini jumlahnya sangat terbatas di Tanah Air, diklaim hanya ada 12 unit.

Bima Maliki pemilik dari Malique Selatan Jakarta menceritakan awal mula dirinya mendapatkan Toyota bB lansiran 2006 ini.

Toyota bBKompas.com/Nanda Toyota bB

“Jadi saya dapat dari teman, mobil ini dia beli dari importir umum. Sejak awal saya memang incar mobil ini. Akhirnya di 2018 mobil di tangan saya sampai sekarang. Tinggal dimodifikasi sedikit saja. Karena mobil ini unik, modelnya lucu dan spare part mesin gampang,” ucap pria yang akrab disapa Maliq, saat ditemui Kompas.com di Blok M, Jakarta Selatan. Kamis (2/3/2023).

Jika dilihat secara tampilan, Toyota bB milik Maliq sudah dilakukan ubahan pada bagian depan dan kaki-kaki.

“Dari depan yang saya ganti itu lampu, sudah projector dan ada LED nya. Kemudian saya ganti di bagian kaki-kaki, pakai pelek work RS 11 Ring 16, dibalut ban Nankang. Untuk cat masih orisinal warna hitam. Selebihnya masih standar, bagian belakang, knalpot dan lain-lain,” kata dia.

Toyota bBKompas.com/Nanda Toyota bB

Pada bagian samping, Maliq juga menyematkan emblem hybrid untuk mengecoh setiap orang yang melihat mobil ini.

“Emblem hybrid ini cuma tempelan saja, sekadar lucu-lucuan,” ucapnya.

Sementara pada bagian interior, tidak ada ubahan signifikan. Maliq masih mempertahankan bawaan standar mulai dari tampilan dasbor, jok, hingga setir. Ia hanya melakukan ubahan pada sektor audio menggunakan Nakamichi, power sub rockford, serta tambahan amplifier.

Adapun di sektor mesin masih mempertahankan bawaan pabrik, yakni mesin bensin berkapasitas 1.495 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 108 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.400 Nm.

Toyota bBKompas.com/Nanda Toyota bB

Meski unitnya terbilang langka, Maliq berniat menjual mini MPV dari Toyota ini jika harga yang ditawarkan cocok.

Baca juga: Tambah Wuling Alvez, Cek Daftar Harga SUV Murah Bulan Ini

“Ya kalau harga cocok mobil dijual, kisarannya yang jelas kepala tiga atau sekitar Rp 300 jutaan soalnya, soalnya habisnya sudah kepala tiga,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com