Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Masalah Fungsi Idling ISS pada Motor Matik, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 03/03/2023, 10:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Idling Stop System (ISS) merupakan salah satu fitur andalan pada motor matik Honda. Fungsinya, mematikan mesin secara otomatis saat kendaraan sedang berhenti untuk beberapa saat. Misalnya sedang antre di lampu merah.

Pada praktiknya, terkadang dijumpai kendala pada sistem ISS, di mana sistem tersebut tidak befungsi dan motor tidak bisa mati secara otomatis. Lantas, apa masalahnya?

“Kalau ISS tidak befungsi, biasanya ada tiga penyebabnya. Pertama karena speed RPM rendah, kedua karena tombol starter ISS rusak, terakhir karena kekuatan aki sudah rendah,” ujar Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Cikupa kepada Kompas.com, Kamis (2/3/2023)

Menurut Anto, sebab ke-3 biasanya cukup membingungkan karena tidak ditemukan adanya tanda-tanda aki lemah pada motor.

Baca juga: Cek Harga Oli Mesin Mobil per Maret 2023

Kemacetan di Jalan Dewi Sartika arah Otista menuju perempatan PGC, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2023). Author : kompas.com / Nabilla Ramadhian Caption : Kemacetan di Jalan Dewi Sartika arah Otista menuju perempatan PGC, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2023).kompas.com / Nabilla Ramadhian Kemacetan di Jalan Dewi Sartika arah Otista menuju perempatan PGC, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2023). Author : kompas.com / Nabilla Ramadhian Caption : Kemacetan di Jalan Dewi Sartika arah Otista menuju perempatan PGC, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2023).

“Kendala yang melibatkan aki itu cukup membingungkan, karena motor masih bisa distater, lampu terang dan klakson aman. Memang dasarnya sistem ISS sedikit manja, jadi dia baru berjalan normal kalau kondisi aki prima,” kata Anto.

Untuk kendala yang pertama, solusinya adalah reset RPM. Hal ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel resmi AHASS dan prosesnya cukup singkat.

“ISS itu kan murni elektrikal, penyebab rusaknya itu biasanya karena sistem starter sering digunakan secara berlebihan. Seperti saat macet misalnya,” kata Anto.

Ketika kondisi jalanan macet dan motor kerap stop and go, pengendara disarankan untuk mematikan ISS untuk tidak membebani aki karena harus menghidupkan starter berulang-ulang dalam waktu berdekatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com