Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Targetkan Proving Ground Bekasi Selesai Akhir Tahun

Kompas.com - 01/03/2023, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan fasilitas pengujian kendaraan bermotor atau proving ground di Bekasi, diharapkan bisa selesai pada akhir tahun ini.

Hal ini diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat menyaksikan penadatangan loan agreement antara Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) selaku pemenang tender proyek dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

"Dengan ditandatanganinya loan agreement hari ini, menjadi langkah yang baik untuk mempercepat proses pembangunan proving ground di awal tahun ini, dan ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun ini," ujar Budi dalam keterangan resminya, Rabu (1/3/2023).

Baca juga: Ada Wuling Alvez, Siapa SUV Termurah di Indonesia?

Proyek Pembangunan Proving Ground Konsorsium IIAPG Dapat Dukungan Pendanaan JBIC?Wakil Ketua DPR-RI Korinbang Rachmat Gobel (kanan), Menteri Perhubungan RI  Budi Karya Sumadi (kedua kanan), Governor Japan Bank for International Corporation (JBIC) Hayashi Nobumitsu (kiri), dan Direktur Utama PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG)  Hiramsyah S. Thaib (tengah) serta  Executive Managing Director JBIC Hashiyama Shigeto (kedua kiri), usai penandatanganan  Loan Agreement  JBIC dan IIAPG untuk proyek pembangunan dan pengembangan fasilitas uji kelayakan kendaraan (proving ground) Departemen Perhubungan di Bekasi Jawa Barat, yang berlangsung di Tokyo,  Jepang, Rabu (1/3). Kehadiran fasilitas proving ground bertaraf internasional yang dibangun dan dikembangkan konsorsium IIAPG merupakan upaya untuk meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, baik dari sisi keamanan (safety), kenyamanan dan ramah lingkungan hidup agar Indonesia bisa mewujudkan potensi  menjadi salah satu produsen otomotif terbesar di duniaIIAPG Proyek Pembangunan Proving Ground Konsorsium IIAPG Dapat Dukungan Pendanaan JBIC?Wakil Ketua DPR-RI Korinbang Rachmat Gobel (kanan), Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi (kedua kanan), Governor Japan Bank for International Corporation (JBIC) Hayashi Nobumitsu (kiri), dan Direktur Utama PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) Hiramsyah S. Thaib (tengah) serta Executive Managing Director JBIC Hashiyama Shigeto (kedua kiri), usai penandatanganan Loan Agreement JBIC dan IIAPG untuk proyek pembangunan dan pengembangan fasilitas uji kelayakan kendaraan (proving ground) Departemen Perhubungan di Bekasi Jawa Barat, yang berlangsung di Tokyo, Jepang, Rabu (1/3). Kehadiran fasilitas proving ground bertaraf internasional yang dibangun dan dikembangkan konsorsium IIAPG merupakan upaya untuk meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, baik dari sisi keamanan (safety), kenyamanan dan ramah lingkungan hidup agar Indonesia bisa mewujudkan potensi menjadi salah satu produsen otomotif terbesar di dunia

Budi mengatakan, kehadiran fasilitas proving ground dengan berstandar internasional di Indonesia diharapkan makin meningkatkan daya saing industri otomotif nasional.

Selain itu, proving ground juga sangat penting guna meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia.

 

Mulai dari dari sisi keselamatan dan keamanan, kenyamanan, dan juga emisi karbon yang rendah sehingga lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Dukung Industri Otomotif, Proyek Proving Ground Dapat Pendanaan

Rencana Proving Ground Kemenhub di BekasiKEMENHUB Rencana Proving Ground Kemenhub di Bekasi

"Pembangunan proving ground mempunyai arti yang sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan produk otomotif baik di dalam negeri maupun untuk pasar ekspor," ucap Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com