Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Hujan Pengendara Motor Jangan Sembarang Berhenti

Kompas.com - 24/02/2023, 15:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kondisi hujan deras biasanya para pengendara sepeda motor berteduh untuk mengenakan jas hujan.

Namun, kebiasaan tersebut sangat membahayakan, bikin macet dan rawan tertabrak pengguna jalan lain. Biasanya di sejumlah kota besar seperti Jakarta, pengendara memilih berteduh di bawah kolong fly over.

Menanggapi hal itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengendara yang berhenti sembarangan menutup lajur jalan sehingga membahayakan keselamatan pengguna jalan. 

"Dilarang berhenti di pinggir jalan, risikonya besar. Yang rugi orang lain. Hak orang lain di jalan kan sama, tidak ada pengecualian. Berhenti boleh, tapi di tempat yang aman dan luas," kata Sony. 

Baca juga: Musim Hujan, Ingat Lagi Bahaya Pakai Jas Hujan Ponco

Untuk kebaikan bersama, dirinya berpesan, persiapan di musim hujan sebaiknya lebih terencana.

Dia mencontohkan, bila bepergian bisa mengatur perjalanan, seperti kapan waktu berhenti dan beristirahat. 

Khusus di musim hujan, menurutnya, disarankan tidak melanjutkan perjalanan kembali bila kondisi belum aman. 

Beberapa daerah di Kota Semarang dilanda banjir karena hujan ekstrem. Sabtu (31/12/2022)KOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Beberapa daerah di Kota Semarang dilanda banjir karena hujan ekstrem. Sabtu (31/12/2022)

"Sampai hujan reda malah lebih baik. Jarak pandang berkendara sudah aman dan tidak berisiko karena jalan yang licin," tutur Sony. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive (JDDC) Driving and Consulting Jusri Pulubuhu menyarankan, berhenti yang paling aman sebaiknya di tempat-tempat umum yang tidak mengganggu lalu lintas. 

Namun demikian, pengendara motor wajib memperhatikan kondisi sekitar, terutama bila menimbulkan antrean segera bergantian meninggalkan lokasi tersebut. 

Pemotor berteduh di fly over Foto: Humas Polda Metro Jaya Pemotor berteduh di fly over

"Di SPBU bisa tapi sebentar, hanya memakai jas hujan. Setelah itu, lanjut ke tujuan jangan berlama-lama nunggu reda. Kan yang mau berhenti juga banyak, biar enggak saling rugi," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com