Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Toyota di Indonesia Belum Bisa Produksi Lexus

Kompas.com - 24/02/2023, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Lexus RX resmi meluncur di Indonesia. Ada tiga model yang ditawarkan dengan tiga penggerak yang berbeda yaitu Lexus RX 450h+ Luxury, Lexus RX 350h Luxury dan RX 350.

Lexus mengklaim penerimaan All New Lexus RX yang baru meluncur di Indonesia sangat baik. Sejak diperkenalkan di GIIAS 2022 pada Agustus lalu, mobil SUV mewah asal Jepang itu dipesan oleh 1.000 orang.

Baca juga: Datang ke IIMS 2023, Luna Maya Jadi Salah Satu Konsumen Chery Omoda 5

Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia, tidak menyebut kapan mobil akan sampai ke garasi ke konsumen. Diketahui All New Lexus RX yang dijual di Indonesia diimpor secara utuh atau CBU dari pabrik di Jepang.

Pengisian daya Lexus RX PHEV dapat dilakukan di rumah. Dok. Lexus Indonesia Pengisian daya Lexus RX PHEV dapat dilakukan di rumah.

"Kami mencoba untuk berkerjasama dengan prinsipal kami bagaimana untuk bisa meningkatkan produksi," kata Bansar saat peluncuran All New Lexus RX di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Jika permintaan Lexus cukup besar di Indonesia mengapa tidak merakitnya di Indonesia. Sebab Lexus bisa saja memakai fasilitas induknya yaitu Toyota tepatnya pabrik milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

"Mengapa kami tidak gunakan (pabrik) mother company kita yaitu Toyota karena pertama yaitu marketnya itu sendiri di Indonesia masih belum besar," kata Bansar.

Baca juga: Cobain Kawasaki KLX 150 di IIMS 2023, Tampilan Baru Pakai Mesin Lama

Lexus RX 450h+ Luxury KOMPAS.com/Adityo Wisnu Lexus RX 450h+ Luxury

"Kedua memang teknologi membuat Lexus itu berbeda dengan Toyota, sehingga dengan level teknologi tersebut perlu banyak sekali penyesuaian di pabrik yang ada sekarang sehingga tidak mudah mentransfer atau mengubah jalur produksi itu jadi jalur produksinya Lexus," ujar dia.

Hal yang bisa dilakukan untuk para konsumen dan penggemar Lexus di Tanah Air ialah pihak Lexus terus berkordinasi dengan prinsipal untuk memperbanyak produksi agar unit cepat sampai ke konsumen.

"Karena itu kami dengan prinsipal terus berusaha dan mempelajari sampai kapan dan sampai di level mana kita bisa cari. Tujuan kami ialah bagaimana bisa memberikan kepuasan kepada konsumen dengan menyediakan produk yang unggul dan nyaman," kata Bansar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com