Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Ganteng Mana, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, atau Honda Brio?

Kompas.com - 22/02/2023, 18:09 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Toyota dan Daihatsu resmi memperkenalkan generasi terbaru Agya dan Ayla. Kedua mobil ini tidak mau kalah saing dari Honda Brio, termasuk dari segi desainnya.

Jika diperhatikan dimensinya, kedua mobil perkotaan ini tidak jauh berbeda. Untuk Agya-Ayla yang sangat mirip, panjangnya 3.760 mm, lebarnya 1.665 mm, dan tingginya 1.505 mm, serta jarak sumbu roda 2.525 mm.

Sementara Brio, untuk tipe RS yang merupakan tipe tertinggi, panjangnya 3.815 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm, serta jarak sumbu rodanya 2.405 mm.

Baca juga: Keluar dari Kelas LCGC, Toyota Masih Hitung Harga Agya GR Sport

Dimensi Agya-Ayla sedikit lebih kecil dibandingkan Brio. Tapi, jarak sumbu rodanya masih lebih panjang Agya dan Ayla.

All New Agya GR SportKOMPAS.com/Ruly Kurniawan All New Agya GR Sport

Bagian depannya sedikit memiliki kemiripan antara ketiga model tersebut. Apalagi, jika diperhatikan bagian lampu utamanya.

Tapi, Agya dan Ayla memiliki tampilan yang lebih agresif dengan banyak sudut-sudut yang tegas. Khususnya, pada tipe GR Sport dan ADS.

Jika dilihat dari samping, Agya-Ayla dan Brio juga memiliki beberapa kemiripan. Sebab, secara dimensi juga tidak jauh berbeda.

Baca juga: Bocoran Harga Generasi Baru Daihatsu Ayla Muncul

Sedangkan pada bagian buritan, hanya Brio RS yang memiliki spoiler cukup besar di bagian atasnya. Sementara Agya dan Ayla, spoiler yang digunakan berukuran kecil.

Daihatsu All New Ayla Resmi Meluncur di Indonesia, Rabu (15/2/2023)KOMPAS.com/SENDY Daihatsu All New Ayla Resmi Meluncur di Indonesia, Rabu (15/2/2023)

Bagian belakang Brio RS juga lekuknya lebih dinamis. Sementara Agya-Ayla, lebih terkesan lebih kaku dan mengotak.

Untuk peleknya, Ayla terkesan lebih sporty dengan palang delapan. Sedangkan Agya dan Brio, palangnya lebih rapat dengan palang sepuluh.

Honda Brio RS UrbaniteKompas.com/ApridaMegaNanda Honda Brio RS Urbanite

Kehadiran generasi terbaru Agya-Ayla diyakini bisa semakin mengganggu Brio di pasar otomotif nasional, khususnya di kelas city car.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com