Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Video Viral, WNA Kesal Klub Harley Dikawal Polisi Terobos Lampu Merah | Bocoran Harga Generasi Baru Daihatsu Ayla Muncul

Kompas.com - 21/02/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor heran dengan proses pengawalan di Indonesia. Pengendara warga negara asing (WNA) itu kesal saat melihat polisi mengawal klub motor besar (moge) menerobos lampu merah.

Video tersebut diunggah akun Instagram, Bali Roads, pengendara tersebut mempertanyakan urgensi klub Harley-Davidson tersebut dikawal hingga melewati lampu merah dan memotong arus pengendara lain.

"Sungguh. Itu tidak ada yang darurat kan ya. Sialan," kata pengedara tersebut dalam video dikutip Kompas.com, Senin (20/2/2023).

Selain itu, All New Daihatsu Ayla belum lama ini resmi diperkenalkan ke publik Indonesia. Usai kemunculanya, banyak yang mempertanyakan harga dari mobil yang di Malaysia bernama Perodua Axia.

Berdasarkan data dari samsat-pkb.jakarta.go.id, ada lima kode model mobil dari Daihatsu yang diduga adalah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Ayla generasi terbaru. Dari angka ini sebenarnya bisa dilihat berapa estimasi kenaikan banderol Ayla ini dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca juga: Kenapa Moge Punya Area Parkir Khusus di Mal?

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 20 Februari 2023 :

1. Video Viral, WNA Kesal Klub Harley Dikawal Polisi Terobos Lampu Merah

Pengendara warga negara asing kesal saat melihat polisi mengawal motor besar (moge) dengan menerobos lampu merah. Foto: Tangkapan layar Pengendara warga negara asing kesal saat melihat polisi mengawal motor besar (moge) dengan menerobos lampu merah.

Dalam penjelasan video, pihak penggunggah video kemudian membandingkan hak istimewa para pengguna jalan di Indonesia dan Australia, yang menurutnya lebih enak di Indonesia.

"Grup yang luar biasa dapat dikawal melewati lampu merah dan mendapatkan hak jalan. Ini akan sangat berguna di Australia," tulis keterangan video.

Penelusuran Kompas.com, dalam beberapa kasus serupa yang melibatkan pengawalan, dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terdapat Pasal 134 dan Pasal 135 yang mengatur tentang kendaraan yang mendapatkan hak utama. 

Baca juga: Video Viral, WNA Kesal Klub Harley Dikawal Polisi Terobos Lampu Merah

2. Bocoran Harga Generasi Baru Daihatsu Ayla Muncul

Daihatsu All New Ayla Resmi Meluncur di IndonesiaKOMPAS.com/ADITYO WISNU Daihatsu All New Ayla Resmi Meluncur di Indonesia

NJKB merupakan harga dasar yang tercantum dalam perhitungan STNK alias nilai resmi pasar yang diakui negara.

Harga ini belum termasuk berbagai pajak dan profit tambahan merek, tapi sekilas bisa jadi acuan.

Baca juga: Bocoran Harga Generasi Baru Daihatsu Ayla Muncul 

3. Avanza dan Veloz Bisa Kena Pembatasan Pertalite, Ini Kata Toyota

ilustrasi pertalite.KOMPAS.com/STANLY RAVEL ilustrasi pertalite.

Pemerintah berencana untuk membatasi penyaluran bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dalam waktu dekat, guna mengoptimalkan distribusi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com