Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Harga Murah, Bodi Wuling Alvez Pakai buatan Lokal

Kompas.com - 17/02/2023, 17:18 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki harga jual Rp 200 jutaan, Wuling Alvez sudah dirakit lokal di fasilitas milik PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) yang berlokasi di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors menjelaskan, saat ini mobil sudah memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen. Angka tersebut, diusahakan bakal terus bertumbuh seiring kondisi pasar.

"Kita (TKDN Alvez) ada di 40 persen. Dikarenakan ini masih baru, kita harap pasarnya semakin besar, kapasitas produksinya semakin banyak, sehingga TKDN juga bisa naik," katanya di Jakarta, Jumat (17/2/2023).

Baca juga: Mitsubishi Mulai Produksi Minicab MiEV di Cikarang Tahun Depan

Wuling Alvez resmi meluncur ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Foto: Ridwan Arifin Wuling Alvez resmi meluncur ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

"Kita juga sasar konten lokal Alvez ke depan semakin banyak," lanjut dia.

Dalam kesempatan serupa, Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko menjelaskan beberapa bagian yang sudah dilokalkan ialah metal atau baja yang digunakan dalam membuat bodi mobil.

"Kemudian beberapa komponen berbahan plastik dan fabric (kain), itu dibuat di Cikarang juga. Contohnya seperti itu," kata dia.

"Ke depan, yang ingin dilokalkan lagi tentunya selain yang saya sebutkan tadi," tambah Danang

Baca juga: Interior Suzuki Grand Vitara, Tampil Sporty Dominasi Warna Hitam

 Wuling Alvez resmi meluncur di IIMS 2023KOMPAS.com/ Gilang Satria Wuling Alvez resmi meluncur di IIMS 2023

Dengan pernyataan tersebut, maka sejumlah fitur canggih yang disematkan ke tubuh Alvez dan bagian fungsional lainnya, masih berupa impor dari negara asal atau supply chain global-nya.

Untuk diketahui, Alvez dipasarkan dalam tiga tipe di Indonesia, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.

Bila dibandingkan produk serupa lainnya, Hyundai Creta yang dipasarkan mulai Rp 291,3 jutaan dan Honda HR-V dengan banderol mulai Rp 375 jutaan, perpajakan Jakarta.

Baca juga: Spesifikasi Wuling Alvez, Fitur Lengkap Harga Murah

Wuling Alvez resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.Foto: Ridwan Arifin Wuling Alvez resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Secara harga, Alvez bahkan jauh lebih murah dari setara Honda WR-V yang dibanderol mulai Rp 279,4 juta.

Sedangkan Toyota Raize yang dibanderol Rp 232,4 juta, Tapi, Daihatsu Rocky tetap yang paling kompetitif dengan banderol mulai Rp 205,4 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com