Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ion M1-S Dijual Tanpa Adaptor Cas, Langsung Terhubung ke Motor

Kompas.com - 17/02/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ion Mobility saat mengikuti IIMS 2023 tidak membawa produk baru, tapi cuma menawarkan M1-S dalam pilihan warna baru, yakni Stratus White.

Ion Mobility bisa dibilang menjadi pendatang baru di industri otomotif. Namun dari produk yang ditawarkan, M1-S punya fitur yang unik, yakni kabel cas baterai tanpa adaptor.

Jadi, proses pengecasan baterai bisa tinggal colok, karena adaptor yang tersedia menyatu pada motor.

James Chan, CEO & Co-Founder Ion Mobility mengatakan, berbagai komponen yang ada di M1-S dibuat secara in-house, jadi desain motor bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Ion Mobility M1-S Punya Warna Baru, Dijual Rp 40 Jutaan

Bagasi dan kabel casan Ion M1-SKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bagasi dan kabel casan Ion M1-S

"Kita tidak beli desain dari China, kita tidak memakai konsultan. Untuk mendapatkan kualitas dari produk," ucap James di IIMS 2023, Kamis (16/2/2023).

Kembali bahas soal fitur unik, James mengatakan kalau adaptor yang menyatu dengan motor menambah kepraktisan. Salah satunya adalah pengendara tidak perlu menyimpan adaptor di bagasi yang punya ukuran relatif besar.

"Hasilnya, bagasi jadi lega, tidak perlu menyimpan kabel casan dan adapter di bagasi," ucap James.

Baca juga: Bocoran Harga Suzuki Grand Vitara yang Meluncur di IIMS 2023 Hari Ini


Berdasarkan pengamatan Kompas.com, bagasi dari M1-S cukup lega, bahkan bisa diisi helm full face. Selain itu, kabel untuk mengecas ada di bagian atas ruang bagasi, tersimpan rapi.

Panjang kabel casan ini sekitar tiga meter, jadi tinggal dekatkan motor dengan colokan listrik. Keuntungan lain dari kabel yang menyatu adalah tidak perlu lepas pasang baterai, jadi memudahkan pengendara.

"Posisi baterai yang ada di dek juga menambah lega ruang bagasi," kata James.

sistem penggerak motor listrik Ion mobility M1-SJanlika Putri/ Kompas.com sistem penggerak motor listrik Ion mobility M1-S

Ion Mobility mengklaim, M1-S punya kecepatan casan paling kencang dari motor listrik lain. Battery pack yang didesain sendiri tersebut bisa dicas dari 20 persen sampai 80 persen dalam satu jam 30 menit.

"20 persen sampai 100 persen dalam dua jam dan dari 0 persen sampai 100 persen memakan waktu tiga jam," kata James.

Ion Mobility sudah membuka keran pesanan (pre-order) sejak IMOS 2022 dan di IIMS 2023. Kabarnya motor bisa sampai ke konsumen pada kuartal empat 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com