Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Esemka yang Kerap Dikaitkan dengan Jokowi

Kompas.com - 17/02/2023, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Solo Manufaktur Kreasi akhirnya buka suara soal peran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kerap dikait-kaitkan dengan Esemka.

Menurut Eddy Wirajaya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, antara Jokowi dan Esemka saat ini tidak ada hubungan apa pun. Eddy juga meminta agar tak lagi mengaitkan keduanya.

"Jangan kait-kaitkan lagi Pak Jokowi dengan Esemka, beliau memang penggagas kota vokasi Solo yang didedikasikan untuk otomotif,  tapi sekarang punya posisi yang lebih tinggi lalu mencari swasta yang bisa melanjutkan industrinya," kata Eddy dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Kamis (16/2/2023).

Lebih lanjut, Eddy menjelaskan, Esemka saat ini telah menjadi sebuah perusahaan manufaktur swasta nasional. Dengan status tersebut, fokus utamanya lebih ke arah bisnis.

Baca juga: Harga Chery Omoda 5 Lebih Murah dari Estimasi Awal

Presiden RI Joko Widodo menjajal Esemka Bima EV pada gelaran IIMS 2023, Kamis (16/2/20203).Sendy Darlis/Kompas.com Presiden RI Joko Widodo menjajal Esemka Bima EV pada gelaran IIMS 2023, Kamis (16/2/20203).

Produksi mobil Esemka di pabrik yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah, sampai saat ini diklaim masih berjalan normal.

Bahkan selama pandemi, sudah banyak penambahan fasilitas pabrik yang dilakukan Esemka untuk kebutuhan produksi.

"Jadi kami ini murni bisnis, tidak ada kaitan atau hubungannya dengan Pak Jokowi atau politik," ucap Eddy.

Seperti diketahui, tak sedikit masyarakat yang sampai saat ini selalu menghubung-hubungkan Esemka dengan Jokowi.

Kondisi tersebut bukan hanya karena Jokowi sebagai pencetus, melainkan orang nomor satu di Indonesia ini, bahkan sempat menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan dinas ketika menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Baca juga: Mobil Listrik Esemka Bima EV Dijual Mulai Rp 530 Juta

Mobil yang dimaksud adalah Esemka Rajawali yang mengusung konsep sebuah SUV. Bahkan, mobil tersebut pernah digadang-gadang sebagai mobil nasional alias Mobnas.

Dalam peresmian pabrik pada 2019, Jokowi sempat mengatakan, kehadiran fasilitas produksi Esemka di Boyolali akan memberikan efek bagi pergerakan ekonomi masyarakat sekitar.

Pabrik Esemka di Boyolali, Jawa TengahKOMPAS.com/STANLY RAVEL Pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah

Khususnya bagi industri kecil sampai menegah yang menjadi pemasok otomotif. Selain itu, juga menyerap tenaga kerja lokal, khususnya para siswa kejuruan.

"Saya tidak akan maksa kita semua untuk beli, tapi setelah saya lihat dan coba tadi memang bagus. Jadi memang wajib kita beli, kalau belinya produk impor keterlaluan. Dengan mengucap bismillah, saya resmikan pabrik ini beserta fasilitasnya," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com