Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Istilah "Gurah" pada Mesin Mobil

Kompas.com - 14/02/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - "Gurah mesin" akhir-akhir ini ramai diperbincangkan oleh pencinta otomotif. Pasalnya, teknik perawatan mobil ini diklaim lebih efektif mengangkat kerak karbon yang mengganggu di dalam ruang bakar mesin.

Gurah mesin merupakan terobosan baru dalam hal pembersihan kerak karbon di mesin yang mengandalkan zat kimia sebagai cairan pembersih karbon dan kotoran akan diangkat menggunakan mesin vakum.

Seperti apa gambaran lebih jelasnya terkait gurah mesin?

Baca juga: Mengenal Perawatan Gurah Mesin untuk Mobil

Gurah mesin diklaim lebih efektif mengangkat kerak karbon di mesindok. OJC Gurah mesin diklaim lebih efektif mengangkat kerak karbon di mesin

Service Advisor OJC Auto Service Yogyakarta Ryan mengatakan, gurah mesin adalah cara lain dari pembersihan kerak karbon di mesin.

“Kerak karbon bisa dibersihkan menggunakan cairan kimia atau biasa disebut carbon cleaner, metodenya sendiri ada bermacam-macam, bisa dengan mengalirkan cairan carbon cleaner ke saluran bahan bakar dan ada juga dengan cara gurah mesin,” ucap Ryan kepada Kompas.com, Selasa (14/2/2023).

Dia mengatakan, gurah mesin bertujuan mengangkat kerak karbon di ruang bakar mesin dengan melakukannya secara langsung dengan teknik khusus.

Baca juga: Mengenal Perawatan Gurah Mesin untuk Mobil

SOP perawatan wajib 5.000 kilometer di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit SemarangDicky Aditya Wijaya SOP perawatan wajib 5.000 kilometer di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang

“Ketika mesin masih panas setelah dimatikan, busi dilepas lalu dituangkan cairan carbon cleaner ke dalam lubang busi, ditunggu selama 15 menitan nanti kerak karbon akan mengelupas,” ucap Ryan.

Setelah itu, kerak karbon yang sudah mengelupas bersama cairan carbon cleaner disedot menggunakan mesin vakum.

“Harapannya, ruang mesin kembali bersih sehingga performa mesin bisa kembali seperti sedia kala,” ucap Ryan.

Jadi, istilah gurah mesin ini merupakan metode dalam membersihkan kerak karbon di dalam ruang bakar menggunakan cairan khusus dan dilakukan secara langsung oleh montir saat melakukan servis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com