Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Strategi Brio, All New Agya Ada Varian Non LCGC

Kompas.com - 13/02/2023, 17:20 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan langkah baru terhadap salah satu produk mobil murahnya di Indonesia, yaitu All New Agya.

Selain memberikan perubahan signifikan hingga bagian platform-nya yang menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA), kendaraan tersebut kini punya pilihan city car non low cost green car (LCGC) seperti kompetitornya, Honda Brio.

Vice President TAM Henry Tanoto mengungkapkan, nantinya mobil akan hadir dua varian yaitu All New Agya untuk segmen LCGC dengan harga di bawah Rp 200 jutaan dan non-LCGC melalui All New Agya GR Sport.

Baca juga: World Premiere, All New Toyota Agya Resmi Meluncur

Toyota All New Agya resmi meluncur di Indonesia, Senin (13/2/2023)KOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota All New Agya resmi meluncur di Indonesia, Senin (13/2/2023)

"Kita lihat tren perubahan di mana konsumen banyak yang mengharapkan city car juga punya performa yang sporty. Makanya kita kenalkan GR Sport, jadi yang bukan varian GR Sport kita akan tetap di segmen LCGC," kata Henry di Jakarta, Senin (13/2/2023).

"Kemudian yang GR Sport, akan berada di segmen baru (city car non-LCGC)," lanjut dia.

Meski begitu, Henry percaya bahwa pasar LCGC akan terus bertumbuh karena banyaknya kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia terkhusus golongan first buyer alias pembeli mobil untuk pertama kalinya.

Jadi, alih-alih Agya generasi terbaru non-LCGC bisa mendominasi, ia percaya LCGC akan terus menjadi salah satu tulang punggung pergerakan otomotif dalam negeri.

Baca juga: Belum Dijual, Harga All New Agya Masih Rahasia

All New AgyaKompas.com/Rully All New Agya

"Market LCGC masih cukup besar jadi kayak tahun lalu itu sekitar 186 ribu jadi untuk market 1 juta itu masih hampir 20 persen," kata Henry.

"Kalau dari Toyota, kita sih melihat first buyer masih banyak di segmen LCGC ini dan kita akan terus komitmen untuk ada di segmen ini untuk memberikan mobillity terbaik ke first buyer, terutama," lanjut dia.

Executive Chief Engineer Toyota Motor Corp Toshihiro Nakaho menjelaskan, Agya generasi kedua mendapatkan perubahan total. Seperti, ukurannya yang lebih besar yakni dengan panjang wheelbase 2.525 mm (+70 mm), panjang total 3.760 mm, dan tinggi 1.505 mm (-15 mm).

Baca juga: Beragam Fungsi Sabun Batang buat Mobil

Toyota All New Agya resmi meluncur di Indonesia, Senin (13/2/2023)KOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota All New Agya resmi meluncur di Indonesia, Senin (13/2/2023)

Khusus untuk varian Agya GR Sport mendapatkan sentuhan yang lebih sporty, seperti atap dual tone, pelek berukuran 15 inch, tuning pada bagian sokbreker dan setir.

Pada bagian dapur pacu, kedua varian akan diberikan dapur pacu yang sama dengan model Raize, yaitu 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i dengan transmisi CVT.

Hanya saja rinciannya belum bisa diberikan, termasuk soal harga. Apabila mengacu pada kompetitor terdekat, diperkirakan All New Agya GR Sport bakal dibanderol tidak lebih dari Rp 250 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com