Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Buka Bagasi Honda Scoopy Saat Baterai Remote Habis

Kompas.com - 13/02/2023, 16:50 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Scoopy merupakan salah satu produk Honda yang cukup diminati masyarakat. Salah satu fitur unggulan yang disematkan yaitu Smart Key, jadi tidak perlu colok kunci untuk menyalakan mesin atau membuka bagasi.

Tapi sayangnya, bila baterai smart key habis, maka motor jadi sulit untuk dinyalakan, begitu juga untuk membuka bagasi. Lalu bagaimana jika terjebak dalam kondisi seperti itu?

Lewat akun TikTok welovehonda, dijelaskan bagaimana cara membuka bagasi saat baterai smart key habis. Pertama adalah membuka cover emergency key yang posisinya ada di sebelah kenop putar.

Baca juga: AHM Luncurkan Oli Baru buat Honda Beat, Scoopy, dan Genio

@welovehonda Panik, gak bisa buka bagasi jok, padahal ada kado ayang disitu???? Eits, tenang Brosis, MinHo ada solusinya ???? #Honda #Scoopy #Smartkey #Tutorial #Tips ? suara asli - Welovehonda

 

Lalu, siapkan emergency key yang ada saat awal membeli motor. Bentuknya seperti batang plastik dengan mata kunci berbentuk segi enam.

Setelah dibuka covernya, pasangkan emergency key. Tarik tuas ke bawah untuk membuka jok, sedangkan ke atas untuk kembali mengunci jok.

Jika sudah mengambil barang yang ada di dalam bagasi, maka jok bisa diamankan lagi dengan menutup jok. Lalu, tutup lagi cover emergency key agar tampilannya kembali rapi.

Baca juga: PO Mulyo Indah Luncurkan Layanan Sleeper Bus


Perlu diingat, emergency key didapatkan saat membeli motor. Simpan dengan baik emergency key di tempat yang aman, agar mudah mencarinya saat kondisi darurat.

Tips Merawat smart Key Honda Scoopy

1. Hindari Tekanan Berlebih

Tekanan yang berlebih pada tombol di smart key dapat mengakibatkan kerusakan. Cukup tekan tombol sewajarnya saja saat menggunakan fitur yang tersedia.

2. Usahakan Tetap Kering

Air yang masuk dari sela-sela remote berpotensi menimbulkan terjadinya kerusakan akibat hubungan arus pendek. Apabila terkena air atau basah, segera keringkan sebelum digunakan.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menyatakan, jika masih hanya terkenda sedikit air tidak masalah dan tak membuat remote korslet.

"Kalau misalkan remotenya dikantungi terus basah kena air (gerimis) kalau sedikit tidak masalah. Kalau sengaja direndam air baru rusak," katanya di Cikarang, Kamis (12/11/2020).

Smart key milik Honda Vario 160Dok. AHM Smart key milik Honda Vario 160

3. Hindari Meletakkan Remote di Bagasi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com