Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Besok Ada Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Patung Kuda-HI

Kompas.com - 11/02/2023, 16:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberlakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Patung Kuda hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), sehubungan adanya proyek MRT Fase 2 di segmen CP-201.

Pasalnya, proyek yang menhubungkan Stasiun Bundaran HI-Simpang Harmoni tersebut akan bersinggungan dengan beberapa kawasan di sekitar. Sehingga untuk memastikan pengerjaan lancar seraya melancarkan lalu lintas, dibutuhkan suatu rekayasa lalin.

“Waktu pekerjaan mulai 12 Februari 2023 sampai dengan 15 Juni 2023,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, Jumat (10/2/2023).

Baca juga: Perbandingan Gaji Pebalap F1 Musim 2022-2023, Lewis Hamilton Turun

Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.ITV.com/PA Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.

Ada pun jenis pekerjaan yang dilaksanakan, yakni perbaikan stabilitas tanah, pekerjaan dinding pembatas untuk konstruksi dinding diafragma sisi barat-selatan, hingga pekerjaan untuk perkuatan tanah.

Selama pekerjaan berlangsung, berikut rekayasa lalu lintas di sekitar Patung Kuda - HI;

1. Lalu lintas dari arah Timur Jalan Kebon Sirih yang menuju ke arah Barat, yakni Tanah Abang yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri berputar di Bundaran Hotel Indonesia.

2. Lalu lintas dari arah Timur Jalan Medan Merdeka Selatan yang akan menuju ke arah Barat, yakni Tanah Abang yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

3. Lalu lintas dari arah Timur Jalan KH Wahid Hasyim yang akan menuju ke arah Tanah Abang atau barat yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan lurus melalui Jl Wahid Hasyim dan seterusnya.

Baca juga: Lokasi Putar Balik di Depan Gerbang Tol Karawaci Segera Ditutup

Suasana kemacetan yang terjadi di Jalan MH Thamrin, Kota Tangerang, Kamis (31/3/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana kemacetan yang terjadi di Jalan MH Thamrin, Kota Tangerang, Kamis (31/3/2022).

4. Lalu lintas dari arah Selatan Jalan H Agus Salim yang akan menuju ke arah Barat atau Tanah Abang yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri melalui Jl Wahid Hasyim dan seterusnya.

5. Rute Angkutan TransJakarta 5M yakni Terminal Kampung Melayu-Tanah Abang yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

6. Rute Angkutan TransJakarta 1R yakni Terminal Senen-Tanah Abang yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com