Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Darurat, Begini Cara Memutus Sistem Tegangan Tinggi Mobil Tesla

Kompas.com - 09/02/2023, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Tesla mulai banyak konsumennya di seluruh dunia. Namun, saat dalam kondisi darurat seperti kebakaran, tidak banyak yang paham bagaimana cara mengatasinya.

Beberapa waktu lalu, di Amerika Serikat terjadi kecelakaan pada Tesla Model S hingga menyebabkan kebakaran. Ternyata, dibutuhkan 22.700 liter air untuk memadamkan api yang dihasilkan dari baterai bertegangan tinggi.

“Jika baterai terbakar, terkena panas tinggi, atau menghasilkan panas atau gas, gunakan banyak air untuk mendinginkan baterai. Dibutuhkan sekitar 3.000-8.000 galon (11.356-30.283 liter) air, yang dialirkan langsung ke baterai,” tulis keterangan Tesla.

Baca juga: Soal Investasi, Jokowi Beri Penawaran Khusus buat Tesla

Dalam panduan resmi tersebut juga dituliskan bahwa api dari baterai yang sudah dipadamkan berpotensi menyala kembali. Untuk itu, butuh waktu sekitar 45 menit untuk mengamati baterai tersebut sebelum akhirnya diangkut.

Tesla Model S terbakar di Jalan Tol California, Amerika Serikattwitter.com/@metrofirepio Tesla Model S terbakar di Jalan Tol California, Amerika Serikat

Dikutip dari Carscoops.com, Kamis (9/2/2023), pihak pemadam kebakaran di Amerika Serikat mendapatkan pelatihan juga soal mobil listrik. Salah satu yang dipelajari adalah lokasi dari kabe khusus yang harus diputus untuk mematikan sistem tegangan tinggi.

Pada video yang diunggah oleh Facebook Page bernama Next Level Extrication, membuktikan mudahnya seorang yang terlatih untuk mematikan sistem tersebut. Mobil yang menjadi contoh adalah Tesla Model 3.

Baca juga: Mobil Listrik Tesla Terbakar, Butuh 22.000 Liter Air buat Padamkan Api

Pertama, pecahkan kaca kecil di bagian samping kanan, dekat pilar-C. Setelah itu, congkel bagian interior trim dan nanti akan terlihat kabel yang berwarna merah dengan label oranye.

Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.

Disebutkan bahwa dengan memotong kabel tersebut, maka sistem tegangan tingginya juga akan terputus. Pencegahan darurat ini bisa dilakukan jika bagian kap depan sulit untuk diakses, di mana terdapat juga pemutus untuk sistem tegangan tinggi.

Beberapa mobil listrik lainnya juga memiliki sistem pencegahan darurat cadangan, tapi lokasinya berbeda-beda. BMW disebutkan menempatkan sistem pencegahan darurat cadangan di dekat charging port.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com