Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besi Bawaan Truk Gelinding dan Jatuh, Ini Bahayanya Dekat dengan Truk

Kompas.com - 07/02/2023, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian truk yang jatuh bawaannya baru saja terjadi di daerah Gunung Manggah, Samarinda, Senin (6/2/2023). Muatan berupa pipa besi jatuh dari bak truk dan kejadian tersebut diunggah ke Instagram oleh akun info_jabodetabek.

Pada video tersebut, terlihat para pengendara motor berhamburan, menghindari pipa yang menggelinding. Belum jelas, apa penyebab dari jatuhnya pipa dari truk, bisa jadi karena pengikatan barang yang tidak kuat.

Mengenai hal tersebut, agar terhindar dari bahaya, jaga jarak aman dengan truk di depan memang sangat penting. Ketika berada di dekat truk, pengendara harus memperhatikan potensi bahaya yang bisa terjadi.

Baca juga: Bahaya Bila Truk Manuver Tiba-tiba, Bikin Celaka Kendaraan Lain

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Jabodetabek (@info_jabodetabek)

 

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, ada beberapa tips agar pengendara motor bisa lebih aman saat dekat dengan truk.

"Pertama, jangan berkendara terlalu dekat, karena area blindspot-nya cukup luas. Kedua, jaga jarak aman dengan kendaraan besar, apalagi saat membawa barang yang berlebihan," ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (7/2/2023).

Agus menjelaskan, ketika menjaga jarak, pastikan kecepatan kendaraan juga disesuaikan agar bisa mencegah pengereman mendadak. Selain itu kalau jaraknya lega, pengendara bisa menghindar jika terjadi apa-apa pada truk.

Baca juga: Simulasi Kredit Mobil Hybrid, Cicilan mulai Rp 4 Jutaan

"Ketiga, berikan sinyal keberadaan kepada pengemudi truk, bisa dengan klakson atau lampu dim jika mau melewati kendaraan tersebut," kata Agus.

Terakhir, lebih baik menghindar jika melihat kendaraan besar yang membawa muatan berlebih saat bertemu di jalan. Menghindar artinya menjauhi, jadi bisa meminimalisasi situasi yang tidak diinginkan.

"Jika ingin menyusul, sebaiknya menunggu sampai posisi truk berjalan lambat atau saat di lampu merah, pastikan memberikan isyarat dan tidak berjalan di samping truk terlalu lama," ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com