Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Harga Oli Skutik per Februari 2023, mulai Rp 30.000-an

Kompas.com - 05/02/2023, 09:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli merupakan komponen penting pada mesin motor yang harus diganti secara berkala. Biasanya, penggantian oli motor direkomendasikan setiap 2.000 Km sampai 3.000 Km atau enam bulan sekali.

Oli punya peran penting pada bagian internal dari mesin. Fungsi oli adalah sebagai pelumas dan membantu menjaga suhu mesin tetap berada di batas optimal performa motor, tidak kepanasan.

Telat ganti oli dapat berdampak buruk pada mesin. Pada akhirnya mesin bisa bermasalah mulai dari piston, dinding silinder hingga merembet ke bagian lain seperti transmisi.

Baca juga: Daftar Harga Oli Mesin Mobil per Februari 2023

Ganti oli motorShutterstock Ganti oli motor

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, ketika oli motor telat diganti, efek pertama yang bisa terasa adalah kinerja mesin yang tidak lagi maksimal.

“Bisa berpengaruh juga pada konsumsi bahan bakar karena gesekan antarkomponen semakin kasar. Lama-kelamaan akan merusak komponen lainnya. Akibatnya, pergantian akan lebih mahal dibanding ganti oli itu sendiri,” kata Endro kepada Kompas.com belum lama ini.

Oleh karena itu, mengganti oli punya peran penting menjaga mesin dan juga performa. Redaksi Kompas.com sudah mengumpulkan oli khusus untuk skutik di marketplace dari merek-merek terkenal.

Federal Oil

Federal Oil masih melangsungkan program berhadiah berskala nasional yaitu Sobek Berhadiah (SOBER), diperuntukkan bagi seluruh konsumen setia pengguna produk Federal Oil.

Kali ini konsumen Federal Oil yang berasal dari Palembang, yaitu Rommy Feriansyah yang mengganti pelumas motornya di Federal Oil Center – Benua Motor berhasil mendapatkan hadiah 1 unit Yamaha Fazzio.

Keberuntungan lainnya juga didapatkan oleh konsumen dari Medan yang berhasil mendapatkan 1 unit Yamaha Fazzio, yaitu Dedi Pariyanto setelah mengganti pelumas kendaraannya di Federal Oil Center – Makmur jaya.

Baca juga: Cerita Sulit dan Jauhnya Akses Parkir Motor di Mal Mewah


Pada bulan Februari 2023, tidak ada kenaikan harga yang signifkan daripada bulan lalu.

Berikut ini daftar harga oli untuk skutik di Februari 2023:

Federal Oil

Federal Matic Y40 20W-40 0,8L: Rp 45.000
Federal Matic 30 10W-30 0,8L: Rp 54.000
Federal Matic 40 10W-40 0,8L: Rp 54.000
Federal Matic Ultratec 10W-30 0,8L: Rp 45.000

Castrol

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com