Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pengendara Motor Lebih Pilih Parkir Liar daripada Resmi

Kompas.com - 04/02/2023, 18:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Diskriminasi lokasi parkir di mal, perkantoran, dan lokasi lainnya telah memicu kehadiran parkir liar. Namun selain itu, masih ada faktor lain mengapa pengendara motor menghindari parkir resmi.

Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association (IPA), mengatakan, parkir resmi maupun parkir liar memiliki peminatnya tersendiri.

Sebab, tidak semua parkir resmi memiliki keunggulan seperti parkir liar. Begitu pun sebaliknya.

Baca juga: Cerita Sulit dan Jauhnya Akses Parkir Motor di Mal Mewah

Ilustrasi parkir motor di stasiun. Berikut daftar tarif parkir inap mobil dan motor di stasiun bagi masyarakat pengguna jasa layanan kereta api.KOMPAS.com/DIMAS PRADOPO Ilustrasi parkir motor di stasiun. Berikut daftar tarif parkir inap mobil dan motor di stasiun bagi masyarakat pengguna jasa layanan kereta api.

“Pertama, parkir liar itu lebih murah. Biasanya yang parkir liar itu karyawan. Karena dia harus bayar bulanan, biasanya parkir liar bulanannya lebih murah,” ujar Rio, kepada Kompas.com (3/2/2023).

Namun, untuk pengunjung harian yang bukan karyawan, biasanya lebih banyak pilih parkir resmi.

“Tamu kasual itu lebih baik cari parkir yang di dalam. Kenapa? Soalnya lebih terjamin, ada asuransinya, kalau kehilangan motor diganti, dan lain sebagainya,” ucap Rio.

Baca juga: Esemka Punya Logo Baru, Mirip Pabrikan Mobil Listrik China

Selain soal tarif yang lebih murah, masih ada kelebihan parkir liar ketimbang parkir resmi. Salah satunya terkait minimnya pengawasan petugas.

Parkir liar di luar itu biasanya bukan hanya orang yang cari murah, tapi motornya juga bermasalah," ucap Rio.

"Misalnya dia enggak punya STNK. Kan kadang banyak parkir motor yang harus periksa STNK. Jadi banyak alasannya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com