Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Banyak Sensor, Ini Kelemahan Mobil Listrik BMW i4

Kompas.com - 04/02/2023, 15:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperbarui perangkat lunak pada mobil dengan sistem over-the-air (OTA) memberikan kemudahan bagi konsumen dan produsen dalam membuat sistem pada mobil tetap terjaga. Namun, sistem ini ternyata membutuhkan perhatian khusus.

Salah satunya pada mobil listrik BMW i4. Perangkat lunak pada mobil ini bisa diperbarui dengan sistem OTA. Tapi, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil.

Contohnya, untuk mobil BMW secara spesifik membutuhkan perangkat lunaknya diunduh terlebih dahulu. Selain itu, mobil juga harus memiliki kapasitas baterai yang cukup.

Baca juga: Ini Penyebab Mobil Listrik BMW i4 dan iX Inden Lama

Kemudian, mobil harus dalam kondisi diparkir. Jika mobil tersebut masih menggunakan mesin konvensional, maka mesinnya harus dalam keadaan mati.

Mobil listrik BMW i4 tidak bisa melakukan pembaruan perangkat lunak ketika berada di tanjakanDok. @clare_eliza_ Mobil listrik BMW i4 tidak bisa melakukan pembaruan perangkat lunak ketika berada di tanjakan

Dikutip dari Carscoops.com, Sabtu (4/2/2023), seorang pemilik i4 mengeluh mobilnya mengalami masalah. Mobil tersebut tidak bisa diperbarui perangkat lunaknya.

Clare Eliza, pemilik BMW i4, mendapati pesan atau notifikasi pada mobilnya:
“Jalannya terlalu curam untuk memulai pemasangan. Harap parkir kendaraan di tempat yang rata.”

Juru bicara dari BMW mengatakan, mobil BMW memiliki banyak sensor kemiringan, akselerasi dan deselerasi lateral dan longitudinal, dan masih banyak sensor lainnya.

Baca juga: BMW Belum Fokus Rakit Lokal iX dan i4 di Sunter

Sehingga, sensor-sensor tersebut dapat memahami orientasi mobil dan mengetahui apakah sedang berada di tanjakan atau tidak. Sebagai tindakan pencegahan dari segala macam kondisi, untuk menghindari mobil bergerak dan dapat mengganggu pembaruan perangkat lunak, maka muncullah notifikasi tersebut.

Singkatnya, BMW tidak mau mengambil risiko ketika sedang memperbarui perangkat lunak, rem parkir tidak aktif secara tidak sengaja. Meskipun, hal itu kecil sekali kemungkinannya.

BMW menyarankan untuk memarkir mobil di permukaan yang rata saat sistem meminta untuk memperbarui perangkat lunak. Sehingga, tidak ada risiko mobil bergerak ketika sedang melakukan pembaruan perangkat lunak.

BMW i4 juga dipasarkan di Indonesia oleh BMW Group Indonesia. Mobil listrik ini dibanderol Rp 2,108 miliar (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com