Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Vokasi Punya Peran Penting di Era Elektrifikasi Kendaraan

Kompas.com - 01/02/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang semakin cepat nampak begitu jelas di depan mata. Mulai meningkatnya digitalisasi di beberapa sektor usaha, hingga elektrifikasi kendaraan bermotor di dunia otomotif.

Transformasi mesin konvensional menjadi mesin elektrik pada industri otomotif tentu saja membutuhkan rangkaian yang saling berkesinambungan. Tidak hanya produk saja yang dikedepankan, tapi tenaga ahli yang kompeten juga perlu disiapkan.

Dengan demikian, harapan pemerintah dalam mewujudkan ekosistem yang ideal dari hulu ke hilir di sebuah industri akan terwujud, khususnya di era elektrifikasi ini.

Baca juga: Toyota Indonesia Rilis Program Vokasi Edukasi Elektrifikasi untuk SMK

Toyota Indonesia berupaya meningkatkan komptensi SDM lewat kurikulum pendidikan di era elektrifikasiKompas.com/Erwin Setiawan Toyota Indonesia berupaya meningkatkan komptensi SDM lewat kurikulum pendidikan di era elektrifikasi

Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengatakan Sekolah Vokasi atau SMK merupakan ujung tombak yang nantinya memiliki peran cukup penting di era elektrifikasi.

“Di luar negeri banyak yang mempelajari teknologi baterai, hybrid dan sejenisnya, jangan sampai di Indonesia ketinggalan, seharusnya SDM dipersiapkan sebelum produk dibuat, seperti slogannya Toyota ‘make people before make product’, nah maka dari itu ada program Sekolah Vokasi ini,” ucap Bob kepada Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

Dia mengatakan nantinya tidak hanya siswa yang akan mendapatkan pembelajaran teknologi elektrifikasi, namun guru juga bakal datang langsung ke pabrik pembuatan mobil Toyota.

Baca juga: Toyota Motor Corporation Jadi Perusahaan Otomotif Terlaris di Dunia

Kick of SMK Pusat Keunggulan Eleketrifikasi Industri Otomotif oleh Director External PT TMMIN dan perwakilan Kepala SMK.Kompas.com/Erwin Setiawan Kick of SMK Pusat Keunggulan Eleketrifikasi Industri Otomotif oleh Director External PT TMMIN dan perwakilan Kepala SMK.

“Para guru juga siap bila harus belajar langsung ke pabrik pembuatan mobil, sehingga nantinya transfer pengetahuan akan berjalan lebih baik, kalau sebelumnya kan hanya siswa saja yang magang di sana,” ucap Bob.

Bob juga mengatakan SMK menjadi tempat yang cocok untuk menyebarkan pengetahuan teknologi elektrifikasi karena lulusan SMK akan sangat dibutuhkan di dunia industri nantinya.

“Baik itu di pabrik, logistik, bengkel dan lain sebagaianya akan sangat membutuhkan mereka (lulusan SMK) sehingga perlu didukung supaya pengetahuan mereka atas teknologi elektrifikasi ini meningkat,” ucap Bob.

Baca juga: Toyota dan Pertamina Cetak SDM Tersertifikasi Bidang Elektrifikasi

Penyerahan media pembelajaran dalam bentuk tablet dari Toyota ke 10 SMK Kompas.com/Erwin Setiawan Penyerahan media pembelajaran dalam bentuk tablet dari Toyota ke 10 SMK

Para siswa perlu mengetahui kondisi dunia otomotif sekarang ini yang selalu berkembang dengan teknologi yang tidak ada hentinya untuk menciptakan ekosistem industri yang ramah lingkungan.

“Para siswa perlu memahami bagaimana transformasi dari mesin konvensional menjadi mesin berbasis elektrik, mulai dari komponen-komponen penting di dalamnya, ada baterai, visio, motor, dan bagaimana komponen tersebut bekerja sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan sebagainya,” ucap Bob.

Dia mengatakan para siswa nantinya tidak hanya akan mempelajari teori, melainkan juga akan praktik secara langsung.

Baca juga: Indonesia Wajib Punya Sinergi Roadmap Menuju Era Elektrifikasi

“Mulanya yang akan ditransfer ke siswa adalah pengetahuan, namun nantinya mereka juga akan diasah keterampilannya, baik dalam hal merawat, memperbaiki dan memproduksi mobil di era elektrifikasi,” ucap Bob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com