Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Aturan Main Cuci Mobil Mandiri

Kompas.com - 30/01/2023, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci mobil menjadi salah satu bentuk perawatan yang wajib dilakukan. Tujuannya untuk membuat eksterior tampil lebih bersih dan menjaga cat agar tak cepat kusam.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, mencuci mobil sendiri di rumah memiliki banyak manfaat yang sebenarnya sangat positif.

"Memberikan perlindungan mobil dari debu yang dapat menimbulkan baret, menjaga pandangan tetap jelas saat berkendara, bahkan untuk menjaga nilai kendaraan serta memastikan perlindungan kesehatan bagi pengemudi dan penumpang," ucap Hariadi, dalam keterangan resminya, Senin (30/1/2023).

Baca juga: Cek Kondisi Busi bila Mobil Mulai Mengalami Gejala Ini

Meski demikian, mencuci mobil sendiri ternyata ada aturan mainnya. Pemilik tak boleh asal, agar hasilnya maksimal, aman, dan tepat ada beberapa langkah yang disarankan, yakni :

- Mulai dari bagian palin kotor

Area bawah mobil yang berjarak terdekat dari aspal, seperti ban dan pelek, biasanya menjadi bagian yang mudaj kotor. Pada sektor ini, pemilik mobil dapat menggunakan tire cleaner atau cairan khusus yang diperuntukan membersihkan kedua komponen tersebut.

Cuci mobil () Cuci mobil

Untuk memudahkan dan memastikan kotoran dapat terangkat, dapat dibantu menggunakan sikat khusus. Apabila pemilik mobil menggunakan shampoo, pastikan air dan busa yang telah dipakai tidak digunakna lagi untuk area kaca dan bodi.

- Basahi dengan air bersih yang mengalir

Selanjutnya menyemprot air bersih ke bodi mobil untuk menghilangkan kotoran-kotoran terlebih dahulu sebelum nantinya diberi shampoo.

Cara menyemprotkan air yang baik dengan posisi menyamping, hindari semprotan langsung ke area yang memiliki lubang terbuka, seperti gril atau bumper, terutama bagi yang menggunakan air bertekanan tinggi. Teknik tersebut bertujuan agar proses mencuci lebih aman untuk permukaan bodi atau komponen di balik lubang mobil tersebut.

- Mulai dari atap

Proses selanjutnya, mencuci dari bagian atas atau area yang paling bersih lebih dulu. Pastikan gerakan mengusap dilakukan dari atas ke bawah, bukan memutar.

Baca juga: Suzuki Lagi Menyiapkan Jimny Listrik

Ilustrasi mencuci mobil sendiriSIS Ilustrasi mencuci mobil sendiri

 

Pencucian dari atap mobil ini akan membuat air sabun turun ke bagian bawah, yaitu kaca mobil depan, samping, dan belakang.

- Kaca

Rampung dengan atap, selanjutnya yang perlu dicuci adalah bagian kaca seperti spion dan jendela. Pemilik kendaraan dapat membersihkan dengan menambahkan air dan shampoo menggunakan kain microfiber.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com