Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Mengapa Lafal Selawat Bus Baru PO Haryanto Hilang

Kompas.com - 30/01/2023, 11:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengawali 2023, beberapa perusahaan otobus (PO) gencar meluncurkan kendaraan niaga terbaru untuk memperkuat layanan sebagai bus AKAP dan juga bus pariwisata.

Dari lini bus AKAP, sepanjang Januari 2023 saja, PO Haryanto telah meluncurkan dua bus terbaru. Peluncuran dilakukan dua kali, masing-masing dengan sepasang bus baru.

Baca juga: Korlantas Sebut Pengajuan Pelat Rahasia Hanya Bisa Via Instansi

Persamaannya, seluruh bus baru PO Haryanto dirakit oleh Karoseri Piala Mas.

Sejak peluncuran di tahap awal, beberapa foto dari armada terbaru PO berbasis di Kudus, Jawa Tengah itu cukup menarik perhatian para pecinta bus di Indonesia.

Terutama tidak sedikit yang mempertanyakan desain armada kehilangan ciri khas dari PO Haryanto dimana tidak ada lafal selawat pada kaca belakang bus.


Direktur Utama Karoseri Piala Mas Indra Soedjoko mengatakan, ciri khas bus PO Haryanto tetap ada, hanya saja untuk penempelan stiker lafal selawat tidak menjadi bagian pengerjaan dari pihak Karoseri.

Alhasil, dari beberapa foto bus terbaru PO Haryanto yang diunggah oleh Instagram resmi Karoseri Piala mas tampak terlihat polos di bagian kaca.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Karoseri Piala Mas (@karoseripialamas_official)


“Untuk stiker tersebut dikerjakan dari pihak pemilik bus,” kata Indra kepada Kompas.com, Senin (30/1/2023).

Artinya begitu bus telah keluar dari garasi pihak karoseri dan masuk garasi milik PO, maka stiker tulisan lafal selawat akan ditempelkan.

Baca juga: Harga Honda NSR 150 Bekas Makin Tinggi, Tembus Ratusan Juta Rupiah

Sementara itu, karoseri hanya menempelkan livery berbentuk wayang di bodi samping bus yang juga menjadi ciri khas PO Haryanto.

Adapun tulisan petunjuk rute pelayanan armada yang biasanya ada di kaca bagian depan, akan di tempel oleh pihak dari PO Haryanto saat bus sudah diserahterimakan dari karoseri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com