Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Bicara Peluang Produksi Lokal bZ4X

Kompas.com - 27/01/2023, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini sejumlah pabrikan otomotif di dalam negeri nampak semakin bergairah dalam memperkenalkan hingga memproduksi kendaraan listrik, guna mempercepat realisasi era elektrifikasi.

Satu di antaranya ialah Toyota yang meluncurkan produk Kijang Innova Zenix Hybrid pada November 2022 lalu, serta memasarkan mobil listrik berbasis baterai alias Battery Electric Vehicle (BEV) pertamanya yaitu bZ4X.

Tapi dari kedua model tersebut, hanya Kijang Innova Zenix saja yang baru diproduksi lokal sementara lainnya, dijual dengan skema impor dari Jepang.

Lantas, adakah kemungkinan BEV itu diproduksi juga di Indonesia?

Baca juga: Pentingnya Inspeksi dan Garansi Saat Membeli Mobil Bekas

UX300e Dukung Mobilitas KTT G20 Summit--Menteri BUMN Erick Tohir (kedua kiri) dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kiri) menggunakan Lexus UX300e menuju Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC)  tempat berlangsungnya B20 Summit, satu forum dialog resmi yang menjadi bagian dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa, Senin (14/11). Lexus UX300e bersama Toyota bZ4X disediakan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai official car partner G20 Summit untuk mendukung mobilitas para delegasi internasional dan Pemerintah Indonesia sebagai presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini. Sementara itu, dalam jumpa pers di Media Center KTT G20, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, Indonesia sangat serius untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.Toyota UX300e Dukung Mobilitas KTT G20 Summit--Menteri BUMN Erick Tohir (kedua kiri) dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kiri) menggunakan Lexus UX300e menuju Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) tempat berlangsungnya B20 Summit, satu forum dialog resmi yang menjadi bagian dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa, Senin (14/11). Lexus UX300e bersama Toyota bZ4X disediakan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai official car partner G20 Summit untuk mendukung mobilitas para delegasi internasional dan Pemerintah Indonesia sebagai presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini. Sementara itu, dalam jumpa pers di Media Center KTT G20, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, Indonesia sangat serius untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Direktur Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan hal itu bisa saja ,tapi tidak dalam waktu dekat. Pasalnya, semua membutuhkan suatu persiapan yang cukup memakan waktu, terutama soal pasokan komponen.

"Dalam road map kami, yang sudah kami siapkan itu teknologi hybrid. Kalau model lain, ya kami harus lihat keberlanjutannya karena kami ingin bangun fondasi yang kuat," kata Bob saat ditemui di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Aspek yang terpenting, ujar Bob, sebenarnya ialah bagaimana perseroan menghadirkan dan memproduksi kendaraan rendah emisi. Terlepas dari apapun teknologi atau modelnya apa.

Artinya, dengan memproduksi kendaraan hybrid bukan berarti perseroan tidak setuju pada BEV.

Baca juga: Industri Butuh Dukungan demi Optimalisasi Ekspor Mobil Australia

Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua BaliToyota Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua Bali

"Jadi sementara yang kita kuasai adalah model hybrid, dan kemungkinan akan masuk ke model BEV. Namun mungkin butuh waktu ya, kita tidak bisa bilang apakah 2-3 tahun atau lebih dari itu," ucap Bob.

Diketahui, bZ4X menjalankan debut perdananya di Indonesia pada gelaran GIIAS 2022. Di impor secara langsung dari Jepang, mobil dibanderol Rp 1,190 miliar OTR DKI Jakarta.

Hanya tersedia satu varian, mobil dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 244 hp dan torsi 266 Nm.

Mobil ini bisa menempuh jarak 500 km dalam sekali pengecasan. Sementara untuk waktu pengecasan mobil ini membutuhkan waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com