Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Tiga Kelas pada Kabin Jetbus 2+ SDD PO Harapan Jaya

Kompas.com - 21/01/2023, 07:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com dapat kesempatan untuk lakukan perjalanan dari Jakarta ke Solo dengan naik bus AKAP. Ada beberapa pilihan operator yang menarik, tapi rasa penasaran ingin mencoba bus tingkat dari Harapan Jaya.

PO Harapan Jaya menjadi salah satu PO pertama di Jawa yang mengoperasikan bus tingkat. Unit pertama yang digunakan adalah Jetbus 2+ SDD yang pertama kali diperkenalkan di GIIAS 2015.

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Solo, redaksi memilih titik jemput di Terminal Pondok Pinang menuju Terminal Tirtonadi. Untuk tarifnya, kami memilih kelas Eksekutif dengan banderol Rp 280.000 yang ada di dek atas.

Baca juga: Harga Tiket Bus AKAP yang Ada Pelayanan Makan Gratis

 

Kabin bus tingkat Harapan Jaya KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus tingkat Harapan Jaya

Selain Eksekutif, di dek bawah terdiri dari Sleeper Class dengan harga Rp 535.000 dan Super Eksekutif dengan tarif Rp 390.000. Pada tulisan kali ini, kami akan membahas ada apa saja pada kabin bus tingkat serta fasilitasnya.

Kelas Sleeper Class di dek bawah, terdiri dari bangku yang bisa direbahkan dan sandaran kaki yang panjang. Cuma terdiri dari dua bangku, serta terpisah, jadi seperti punya kabin masing-masing.

Fasilitas yang diberikan adalah bantal yang besar, selimut tebal, dan guling. Selain itu, ada beberapa colokan USB untuk mengisi daya telepon gengam dan ada lampu untuk baca.

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan Honda WR-V Sampai 100.000 Km

 

Kabin bus tingkat Harapan Jaya KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus tingkat Harapan Jaya

Ketika memilih kelas tersebut, penumpang juga bisa menikmati tempat makan yang terpisah dengan kelas eksekutif, jadi lebih eksklusif. Selain itu, pilihan menunya pun berbeda.

Kemudian, ada juga kelas Super Eksekutif yang posisinya tepat di belakang bangku sleeper. Cuma ada delapan bangku, ruang kaki jadi lebih lega dari pada kelas Eksekutif yang ada di dek atas.

Fasilitas yang didapatkan selama di bus seperti bangku dengan leg rest, colokan USB yang ada di atas kepala, bantal, serta selimut. Enaknya duduk di kelas Super Eksekutif adalah ada di dek bawah, jadi dekat pintu keluar dan toilet.

 

Kabin bus tingkat Harapan Jaya KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus tingkat Harapan Jaya

Sedangkan di dek atas, di mana kelas yang kami pilih, memakai bangku yang sama dengan Super Eksekutif di bawah, ada leg rest, dan sandaran tangan. Tapi untuk jarak kaki, sedikit lebih kecil, mengingat ada 44 bangku.

Selain itu, di atas kepala juga ada dua colokan USB serta lampu baca. Penumpang bisa menyimpan barang di bagasi kabin yang ada penutupnya, jadi aman dari terjatuh.

Pada dek atas, tersedia juga smoking area yang ada di sisi kiri bus bagian belakang. Ruangan dengan sekat tersebut bisa diduduki dua orang, dan ada ember yang sedikit diisi air sebagai asbak dan jendela yang bisa dibuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com