Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kental Nuansa Retro, Honda Pamer Civic Generasi Pertama di Jakarta

Kompas.com - 19/01/2023, 11:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Diperkenalkan pertama kali di dunia pada 1972, Honda Civic memiliki nama yang cukup besar, termasuk untuk pasar Indonesia.

Mobil yang identik dengan aura sporty dan agresif tersebut, memang memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan tak sedikit orang justru memelihara model lawas sebagai koleksi dan investasi.

Nah, buat yang penasaran dengan bentuk asli Honda Civic generasi pertama, kini bisa dengan mudah melihatnya di Dreams Cafe Senayan Park, Jakarta Selatan. Honda Prospect Motor (HPM) bakal memajangnya hingga 18 Februari 2023 mendatang.

Seperti dijelaskan sebelumnya, Honda Civic generasi pertama diproduksi langsung di Jepang pada 1972 hingga 1979, yang kemudian juga diekspor ke berbagai negara.

Baca juga: Begini Jadinya jika Honda Civic Type R Punya Versi Hatchback

Beda dengan saat ini yang sudah memiliki teknologi modern serta tenaga buas, untuk generasi perdana hanya menggunakan mesin 1.200 cc empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga 50 tk.

Honda Civic Generasi Pertama HPM Honda Civic Generasi Pertama

Namun pada eranya, Civic lawas terbilang sebagai salah satu mobil yang memiliki fitur lengkap, seperti rem cakram bagian depan, wiper belakang, bahkan sampai pilihan sistem transmisi manual dan matik.

Melihat sekilas tampilannya, model generasi pertama yang tampil di Dreams Cafe masih sangat orisinal dengan cat nuansa hijau dan ornamen kromium.

Tak hanya desain luar, bagian interior juga sangat terjaga dengan nuansa serba retro dari lingkar kemudi, balutan warna cerah pada jok dan door trim, speedometer, dasbor, ventilasi AC, dan sebagainya.

Baca juga: All New Ayla dan Agya Bakal Pakai Mesin Turbo?

Honda Civic Generasi Pertama HPM Honda Civic Generasi Pertama

Pada 1974, Civic generasi pertama resmi memasuki pasar Amerika Serikat. Kehadirannya sudah mengalami pengembangan dengan mesin baru Compound Vortex Controlled Combustion (CVCC) yang membuat tenaganya naik jadi 52 tk, dan diklaim memiliki efisiensi bahan bakar serta emisi yang lebih ramah lingkungan.

Honda Civic generasi pertama juga merupakan model Honda pertama yang menggunakan emblem RS pada 1974, di mana secara visualnya memang dibuat lebih sporty.

Tak sekadar tampilan desain, peningkatan performa juga dilakukan Honda untuk Civic RS yang menggunakan transmisi lima percepatan dan mesin yang lebih bertenaga dibandingkan versi standar.

Baca juga: Mengulik Fitur Honda WR-V, Mengandalkan ADAS Honda Sensing

Honda Civic RS generasi pertama telah diproduksi sebanyak 20.000 unit di seluruh dunia, dan pada 1976 baru masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Honda Civic Generasi Pertama HPM Honda Civic Generasi Pertama

Sampai saat ini, Honda Civic sudah melalui sebelas generasi dan pada 2022 Civic resmi merayakan 50 tahun eksistensinya sebagai model global Honda. Sepanjang 2022, HPM berhasil mengantongi penjualan retail sebanyak 630 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com