Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain ERP, Sistem Pembayaran Tol Nirsentuh Akan Diterapkan Tahun Ini

Kompas.com - 12/01/2023, 10:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain jalan berbayar elektronik atau electronic road pricing (ERP), sistem pembayaran tol tanpa sentuh atau nirsentuh juga rencananya akan mulai diberlakukan tahun ini.

Sistem yang berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) ini untuk tahap awal akan diberlakukan di beberapa ruas jalan tol dengan sistem masa transisi. Sehingga, gardu yang ada sekarang masih dapat menerima pembayaran melalui kartu tol elektronik.

Baca juga: Beroperasi 2023, Gantry Tol Nirsentuh di Jagorawi Disempurnakan

"Kami implementasikan secara bertahap pada Desember 2022. Kemudian akhir tahun 2023 mendatang akan diimplementasikan secara keseluruhan di seluruh jalan tol di Indonesia," kata Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, dikutip dari laman resmi.

Ilustrasi gantry sistem MLFF di jalan tol.Dok. BPJT Ilustrasi gantry sistem MLFF di jalan tol.

Triono mengatakan, teknologi MLFF dilakukan secara otomatis melalui aplikasi dan menggunakan sistem server berbasis teknologi Global Navigation Satelite System (GNSS). Sehingga, data kendaraan nantinya dapat dikenali dengan menggunakan satelit.

Untuk bisa menggunakan teknologi ini, nantinya pengguna hanya perlu mengunduh dan mendaftarkan data pribadi aplikasi Cantas. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Kementerian PUPR.

Baca juga: Susul Jagorawi, Infrastruktur Tol Nirsentuh Dipasang di Tol JORR S

"Kemudian setelah kalkulasi tarif koneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran miliki tiap pengguna juga akan berkurang otomatis," kata Triono.

Pemudik mulai memasuki Gerbang Tol Kalikangkung Semarang. Jumat (23/12/2022)KOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Pemudik mulai memasuki Gerbang Tol Kalikangkung Semarang. Jumat (23/12/2022)

Dengan menggunakan teknologi ini, pembayaran tol akan lebih efisien. Selain itu, bisa mengurangi tingkat kemacetan dan menghemat konsumsi bahan bakar.

Sekarang ini, pihak BPJT sedang fokus dalam pengembangan aplikasi Cantas, finalisasi proses pemasangan gantry, dan perangkat kamera. Perangkat yang digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF adalah berupa Electronic On-Board Unit atau dikenal dengan E-OBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com