Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil di Indonesia Tembus 1 Juta Unit Selama 2022

Kompas.com - 11/01/2023, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan kendaraan roda empat atau lebih di Indonesia sepanjang tahun 2022 tembus 1 juta unit, naik hingga 18 persen dibanding satu tahun sebelumnya.

Capaian ini melebihi target yang sebelumnya ditetapkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), yaitu sebesar 960.000 unit per-tahun karena masih dalam tahap recovery imbas terdampak pandemi Covid-19.

Berdasarkan data yang diperoleh redaksi Kompas.com, tercatat total penjualan pabrik ke diler (wholesales) selama Januari-Desember 2022 mencapai 1.048.040 unit. Sebelumnya, kinerja tersebut hanya berada di level 887.202 unit saja (naik 18,1 persen yoy).

Baca juga: Puluhan Unit Hunter Scramble SK500 Siap Dipakai Uji Praktik SIM CI

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

Sementara penjualan ritel atau dari diler ke konsumen, tidak berbeda jauh yaitu 1.013.582 unit, naik 17,4 persen dari periode yang sama tahun lalu yaitu dari 863.358 unit.

Artinya, saat ini industri otomotif nasional sudah mulai kembali ke kondisi normal sebelum ada pandemi Covid-19 dengan rata-rata penjualan tahunan sebanyak 1,2 juta unit.

Sekertaris Gaikindo Kukuh Kumara menyatakan, tren positif tersebut merupakan hasil dari daya beli masyarakat yang mulai tumbuh, dan hadirnya sejumlah insentif dari pemerintah supaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Mulai Ramai, Ini Penjelasan Kapan ERP Jakarta Diterapkan

Adapun penjualan mobil secara bulanan yaitu Desember 2022, tercatat mencapai angka 105.354 unit secara wholesales (naik 9 persen dari tahun lalu) dan 103.891 unit pada sisi ritel (naik 2,4 persen dari tahun lalu).

Secara keseluruhan, walaupun sudah berada di penghujung tahun kinerja penjualan dari sektor roda empat atau lebih di Indonesia masih kerap bertumbuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com