Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Cek, Barang-barang Ini Wajib yang Ada di Mobil

Kompas.com - 10/01/2023, 17:19 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi darurat bisa terjadi di mana saja tanpa kenal waktu. Untuk itu pengemudi mobil mesti benar-benar tahu mengenai kendaraannya. Termasuk barang-barang penting yang ada di mobil.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, pengemudi mesti tahu barang-barang wajib yang bisa membantu jika terjadi keadaan darurat atau kerusakan pada komponen mobil.

"Masih ada pengguna mobil yang abai dengan hal ini. Padahal, jika tidak diperiksa kelengkapannya, hal ini malah dapat menyusahkan pengemudi saat ada keadaan darurat," kata Roslianna kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Renault Berencana Produksi Mobil Listrik di India

Salah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil MaseratiAditya Maulana, KompasOtomotif Salah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil Maserati

Roslianna mengatakan, pengemudi perlu memperhatikan ketersediaan dan letak dari segitiga pengaman, kunci roda, ban cadangan, dongkrak, serta kotak P3K.

"Segitiga pengaman, kunci roda, ban cadangan dan dongkrak, wajib tahu di mana letaknya," jelasnya.

Segitiga pengaman adalah pelat berbentuk segitiga sama sisi berwarna merah. Tidak hanya itu, segitiga pengaman juga harus bisa memantulkan cahaya.

Baca juga: Honda PCX Midnight Race Edition, Edisi Khusus Cuma di Thailand

Pasang segitiga pengaman saat berhenti di bahu jalanshutterstock Pasang segitiga pengaman saat berhenti di bahu jalan

Komponen yang satu ini merupakan isyarat berhenti yang digunakan saat mobil harus berhenti dalam keadaan darurat, misalnya mogok di pinggir jalan.

Kemudian, letak dan kondisi ban cadangan di mobil. Sebab letak ban serep berbeda-beda, tergantung dari jenis dan ukuran mobilnya.

Meski lokasi yang umum untuk penempatan ban serep adalah di bagian bawah mobil, di bagian belakang pintu mobil, atau di bagasi mobil.

Kemudian kunci roda dan dongkrak. Dua komponen ini sangat diperlukan untuk membantu pengemudi mengganti ban, jika ada kendala seperti ban pecah atau bocor.

Baca juga: Motor Listrik Ola S1 Asal India, Harga Mulai Rp 16 Jutaan

Ilustrasi kotak P3K.SHUTTERSTOCK / Pat_Hastings Ilustrasi kotak P3K.

Ada juga kotak P3K yang berisi alat-alat untuk pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan. Misalnya kain kasa, sarung tangan lateks, pinset, dan obat-obatan ringan.

"Pengemudi juga perlu memperhatikan tanggal kedaluwarsa agar aman digunakan, serta memperhatikan lokasi penyimpanan sehingga obat tetap dalam kondisi yang baik," kata dia.

Selain itu, kata Roslianna, pengemudi juga wajib mengecek komponen lain yang berhubungan dengan kondisi mobil seperti air aki, radiator, air wiper, dan tekanan angin ban sebelum berkendara.

"Dengan memastikan kendaraan layak jalan, kita sudah pasti terhindari dari gangguan di jalan. Otomatis, bagi pengendara wanita, aman terhindar dari tindakan kriminal, apabila selama perjalanan kita tidak ada gangguan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com