Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WRC Pensiunkan Nomor #43 Milik Ken Block

Kompas.com - 09/01/2023, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Carscoops

JAKARTA, KOMPAS.com - World Rally Championship (WRC) memensiunkan nomor #43 milik mendiang Ken Block untuk musim 2023. Keputusan ini diambil untuk mengenang Ken Block yang meninggal pada awal tahun.

Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem, mengatakan ini merupakan kali pertama Kejuaraan Reli Dunia memensiunkan nomor mobil milik pebalap.

Baca juga: PO Haryanto Langsung Rilis 2 Bus Baru Usai Rian Mahendra Keluar

“Mengingat kontribusi besar yang diberikan teman baik kita Ken Block untuk motorsport dan fakta bahwa dia sangat dihormati oleh orang-orang di seluruh dunia, sangat tepat bahwa #43 miliknya akan menjadi ditarik dari penggunaan selama musim WRC 2023,” kata Sulayem mengutip Carscoops, Senin (9/1/2023).

Ford Fiesta spek WRC tunggangan Ken Block di Moza Rally Show 2014cycleworld.com Ford Fiesta spek WRC tunggangan Ken Block di Moza Rally Show 2014

Sulayem tidak menyebut apakah nomor #43 boleh kembali digunakan untuk musim 2024 atau tidak. Hanya mengatakan bahwa hal ini hanya penghargaan kecil untuk pendiri DS Shoes tersebut.

“Meskipun ini adalah gerakan kecil, kami berharap ini akan memberikan kenyamanan bagi keluarga dan teman-temannya saat ini. Ken adalah legenda sejati dan kenangan akan legenda sejati ini akan hidup bersama kita selamanya,” kata dia.

Seperti diketahui, Ken Block meninggal dalam kecelakaan yang melibatkan mobil salju saat berada di Park City, Utah. Saat itu dia dalam perjalanan bersama keluarganya, namun sendirian saat kecelakaan itu terjadi.

Baca juga: Modifikasi Harian Honda PCX 160, Biaya Habis Dua Motor

Ken Block mengendarai motor trail di trek di halaman rumahnyaTWITTER/KBLOCK43 Ken Block mengendarai motor trail di trek di halaman rumahnya

Ken Block terkenal dengan video Gymkana yang mendunia, tetapi dia menghabiskan bertahun-tahun berkompetisi di WRC, Rally America, American Rally Association, Rallycross, dan olahraga motor serta extreme sport lainnya.

Selain WRC, kejuaraan lain juga memensiunkan nomor pebalap. Formula 1 memensiunkan nomor #17, setelah Jules Bianchi meninggal akibat cedera yang dideritanya saat GP Jepang 2014.

NASCAR memensiunkan nomor #61 milik Richie Evans setelah kematiannya pada tahun 1985. Walau ada juga nomor #3 milik Dale Earnhardt yang pensiun tidak resmi. Kemudian MotoGP memensiunkan nomor #46 Valentino Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com