Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Terendam Banjir sampai Atap, Apakah Bisa Selamat?

Kompas.com - 07/01/2023, 09:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Banjir kembali menerjang sejumlah daerah, salah satunya Kota Semarang, Jawa Tengah. Ada sebagian mobil yang terendam banjir sampai atap

Kalau sudah kondisi ini, apakah mobil masih bisa diselamatkan?

Kepala Bengkel Honda Gajah Mada Semarang Nanang mengatakan, kemungkinan untuk mobil yang terendam banjir untuk selamat tetap ada. Masalah utama yang berbahaya saat mobil terendam adalah sistem kelistrikan yang aktif. 

"Korsleting yang paling berisiko. Tapi, saat mobil terendam di jalan raya, bisa juga mengalami water hammer. Mesin, dan elektrikal bisa rusak berat," ucap Nanang. 

Baca juga: Harga Sedan Bekas Awal 2023 Mulai Rp 33 Jutaan

Penanganan khusus usai kebanjiran juga terbilang begitu menentukan. Untuk di Honda Gajah Mada, ada tiga kategori kerusakan, yaitu ringan, sedang, dan berat. 

Nanang mengatakan, paling parah adalah terjadi water hammer dan kelistrikan yang bermasalah. Kasus tersebut kebanyakan akibat mobil menerjang genangan banjir yang tinggi. 

Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang Honda Gajah Mada Semarang Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang

"Mobil mati di tengah banjir. Itu ada CR-V GRE gen III, (genangan) 1 meter lebih kemarin tetap diterobos di depan Hotel Tentrem ketika parah-parahnya banjir di Semarang. Akhirnya overhaul, untuk biaya total sementara Rp 25 juta. Kelistrikan dan lain sebagainya sparepart belum ready, jadi baru mesin," ucapnya. 

Sementara ini, Nanang mengatakan, ada 7 mobil kebanjiran yang ditangani Honda Gajah Mada Semarang, sampai artikel ini ditayangkan. 

"2 unit overhaul, 1 trouble kelistrikan. Sisanya aman, mesin dan elektrikal setelah dicek enggak ada masalah," lanjutnya. 

Baca juga: Periode Nataru, 5,6 Juta Kendaraan Keluar-Masuk Jabotabek via 4 Gerbang Tol

Kepala Bengkel Mitsubishi Bumen Redja Abadi Semarang Ali Yusuf mengatakan, bukan berarti 100 persen langsung rusak, mobil yang terkena banjir juga tetap berpeluang selamat. 

Bagian kabin Mitsubishi Xpander yang terendam banjir Mitsubishi Bumen Redja Semarang Bagian kabin Mitsubishi Xpander yang terendam banjir

"ECU yang katanya paling sensitif, nyatanya aman. Ada 6 unit yang kita tangani, semua aman, yang rusak kebanyakan sensor SRS (airbag)," ujar Ali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com