Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Jalan Tol Ini Pengendara Bisa Lihat Gajah Liar

Kompas.com - 05/01/2023, 17:18 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mempermudah mobilitas masyarakat Indonesia, kini infrastruktur dari jalan tol kian diperluas.

Bahkan ada beberapa jalan tol yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, salah satunya Tol Pekanbaru-Dumai yang memiliki perlintasan gajah. Alhasil, begitu pengendara melewati jalan bebas hambatan ini bisa melihat pemandangan habitat gajah.

Presiden Joko Widodo mengatakan jika infrastruktur jalan tol di Indonesia bukan hanya sekedar membangun saja, namun juga tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar.

“Saya terus mengingatkan mengenai pentingnya juga memperhatikan lingkungan, seperti yang kita bangun Jalan Tol Pekanbaru-Dumai misalnya, ada terowongan untuk lintasan gajah sebanyak enam tempat,” ucap Jokowi pada keterangan resmi, Kamis (5/1/2022). 

Baca juga: Bebek Honda RS-X 150 2023, Kembaran Supra GTR 150

Pembangunan jalan tol yang memperhatikan lingkungan ini bertujuan agar tidak mengganggu perlintasan salah satu satwa yang dilindungi yaitu gajah Sumatra.

Tidak hanya di Riau, Presiden juga mengatakan  bahwa upaya pelestarian tersebut juga akan dilakukan di tempat lain agar pembangunan infrastruktur tidak mengganggu kelestarian satwa liar.

“Saya kira beberapa tempat memang kita membangun terowongan-terowongan, lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi tersebut,” kata Presiden.

Pada keterangan yang sama, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau Genman S. Hasibuan mengatakan, jika terowongan gajah ini merupakan langkah adaptasi atas pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai yang telah membelah habitat gajah di dua kota dan dua kabupaten dengan total populasi gajah sebanyak 76 ekor. 

Perlintasan gajah di KM 12 ruas tol Pekanbaru-DumaiLaily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden Perlintasan gajah di KM 12 ruas tol Pekanbaru-Dumai

“Sebagai adaptasi dari pembangunan jalan tol ini terhadap keberadaan gajah di lokasi ini, maka kami dari Balai Besar KSDA Riau bekerja sama bersama Hutama Karya untuk membuat terowongan gajah sehingga gajah itu pergerakannya tidak terganggu,” kata Genman.

Dirangkum dari laman resmi bpjt.pu.go.id, Jalan Tol Pekan Baru - Dumai telah diresmikan sejak 2020.  Sementara itu, perlintasan gajah sendiri  berada Seksi 4 Jalan Tol Pekanbaru - Dumai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com