Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Bersih-bersih Interior Mobil Usai Liburan

Kompas.com - 02/01/2023, 15:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Selain luar, interior mobil juga wajib dibersihkan usai digunakan liburan ke luar kota saat Tahun Baru. 

Hal ini penting dilakukan untuk kenyamanan dan kesehatan. Apalagi Saat musim hujan seperti saat ini, sektor interior mudah kotor terutama bagian karpet.

Padahal, dampaknya sangat buruk, sirkulasi Air Conditioner (AC) bisa bermasalah dan timbul jamur penyebab bau apek. 

Seperti disampaikan Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto. Menurutnya, interior mobil harus kembali bersih, jadi tetap nyaman bila mobil digunakan kembali. 

Baca juga: Tak Perlu ke Bengkel, Begini Cara Cek Oli Mesin Mobil Sendiri

"Perjalanan liburan banyak aktivitas dilakukan di dalam mobil, termasuk makan dan sebagainya. Sisa kotoran itu yang bisa memicu masalah, yang sering mobil dibiarkan begitu saja jamur interior di mana-mana. Sirkulasi AC juga jadi tidak sehat," ucap Bambang. 

Karpet yang perlu diperhatikan, terlebih jika berbahan semacam beludru. Menurut Bambang, bahan yang mudah menyimpan kotoran, saat dibersihkan juga perlu dilakukan lebih teliti. 

Ilustrasi membersihkan karpet mobilZulfana K. Rijal Ilustrasi membersihkan karpet mobil

Kaca bagian dalam dan bagian doortrim juga membutuhkan pembersihan. Keringat dan tangan yang kotor memicu bakteri yang tak baik untuk kesehatan tubuh. 

"1x24 jam begitu mobil sampai rumah, bisa langsung dibersihkan total. Risiko karat dan sebagainya di mobil bisa dicegah. Interior bersih mobil juga lebih nyaman saat nanti digunakan beraktivitas sehari-hari lagi," tuturnya. 

Baca juga: BPKB Elektronik Pakai Cip Bakal Berlaku 2023

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan hal yang sama. Menurut dia, nantinya perawatan-perawatan ringan usai liburan bisa dijadikan menu wajib. 

Ilustrasi mencuci mobildok.Coversuper Ilustrasi mencuci mobil

"Cek komponen-komponen utama bodi, kaki-kaki, dan bagian kabin. Kotoran lumpur, debu, dan pasir bisa dibersihkan. Perawatan ringan jadi begitu berharga. Dampaknya untuk saat ini dan jangka panjang," kata Andika. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com