Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Mobil Tetap Prima Usai Liburan, Ini Daftar Pengecekannya

Kompas.com - 02/01/2023, 09:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Usai liburan menggunakan mobil pribadi menempuh perjalanan jauh, ada baiknya melakukan beberapa pengecekan sebelum digunakan menemani rutinitas.

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kondisi mobil masih prima, dan mencegah adanya masalah ketika digunakan beraktivitas.

Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Edy Haryanto menjelaskan, pengecekan dilakukan pada komponen fast moving dan slow moving.

Tujuannya agar bila terjadi kerusakan ringan bisa terdeteksi lebih cepat dan dilakukan penanganan sesegera mungkin guna menghindari kerusakan serius.

Baca juga: Pecah Ban saat Berkendara di Tol, Ini yang Harus Dilakukan 

"Mesin, transmisi, dan kaki-kaki. Mobil berangkat dalam kondisi sehat, begitu pun saat kembali. Kan kondisi medan jalan yang dilalui saat liburan ke luar kota beragam. Mobil bekerja keras, apalagi penumpang full," kata Edy, saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/12/2023). 

Untuk lebih lengkap soal sektor mana saja yang harus di cek usai mobil melakukan perjalanan jarak jauh, berikut daftarnya ;  

  • Mesin 

Mesin Toyota Innova Zenix Bensindok TAM Mesin Toyota Innova Zenix Bensin
Komponen mesin yang pertama kali di cek. Dari sektor pendingin radiator, oli, dan filter udara harus diperhatikan kondisinya. 

Semuanya dijadikan sebagai tolak ukur mesin sehat dan tak ada masalah apapun. Perawatan tersebut cukup ringan saja, karena untuk pergantian komponen tetap menunggu sesuai jadwal servis berkala. 

Komponen di cek secara detail. Selanjutnya, kotoran yang menempel perlu dibersihkan untuk mencegah penurunan tenaga, tentu tujuannya menjaga mesin agar tetap prima.

Baca juga: Mobil Terpaksa Terjang Banjir, Segera Cek Bagian Ini

"Mesin, oli di cek dari dipstick apakah berkurang, atau masih normal. Warnanya juga diamati, bisa dijadikan patokan adanya penguapan yang tinggi," ucap Edy.

"Filter udara di semprot angin bertekanan, debu dan kotoran sering menyebabkan tenaga berkurang dan BBM boros. Radiator juga wajib diperhatikan, level di reservoir jangan sampai berkurang drastis. Yang artinya, ada kemungkinan kebocoran di titik-titik yang rawan," katanya. 

  • Transmisi 

Mobil manual atau matik yang digunakan untuk perjalanan jauh, setelah sampai tujuan wajib melakukan cek kondisi transmisi. 

Selain mesin, transmisi pun bekerja sangat berat. Apalagi jika rute yang dilewati adalah pegunungan dengan kontur jalan tanjakan dan turunan curam. 

Mitsubishi New Xpander Sport CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Sport CVT

Teguh Dwi Harianto, Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang menjelaskan, kondisi transmisi bisa dilakukan analisa kerusakan, hal itu biasanya diketahui dari gejala-gejala abnormal yang terjadi. 

"Saat sudah di rumah, pastikan tak ada gejala slip atau susah di oper ketika pindah gigi. Jika ternyata sulit, berarti kemungkinan komponen kopling ada masalah," kata Tegu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com