Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pecah Ban saat Berkendara di Tol, Ini yang Harus Dilakukan | Sistem One Way di Serpong dan Pamulang Berlaku Efektif Awal 2023

Kompas.com - 01/01/2023, 07:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban pecah jadi salah satu penyebab kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia, terutama di jalan tol.

Mobil bisa langsung keluar jalur, oleng, atau bahkan menabrak kendaraan lainnya. Karena itu, ada baiknya sebelum kondisi tersebut terjadi pemilik mobil melakukan langkah-langkah pencegahan.

Selain itu, guna mengatasi kemacetan di kawasan Pamulang dan Serpong, Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberlakukan sistem one way (satu arah).

Rencananya pemberlakuan sistem one way tersebut mulai efektif diberlakukan pada periode awal 2023.

Sebagai informasi sistem one way telah diuji coba di kawasan Serpong pada tanggal 20 hingga 24 Desember 2022 lalu. Sedangkan di wilayah Pondok

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 31 Desember 2022 :

1. Pecah Ban saat Berkendara di Tol, Ini yang Harus Dilakukan 

Salah satunya dengan rutin cek kondisi ban. Namun demikian, teknik dasar berkendara juga harus dipahami untuk menekan potensi terjadinya risiko yang fatal.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, batas aman kecepatan terutama di jalan tol wajib diperhatikan.

Baca juga: Pecah Ban saat Berkendara di Tol, Ini yang Harus Dilakukan

2. Sistem One Way di Serpong dan Pamulang Berlaku Efektif Awal 2023

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Ruas jalan arteri Kalimalang arah Bekasi terpantau mengalami kepadatan kendaraan hingga sekitar empat kilometer imbas dari diberlakukannya sistem satu jalur (one way) di Tol Jakarta-Cikampek.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Ruas jalan arteri Kalimalang arah Bekasi terpantau mengalami kepadatan kendaraan hingga sekitar empat kilometer imbas dari diberlakukannya sistem satu jalur (one way) di Tol Jakarta-Cikampek.

Uji coba one way di kawasan Serpong berlangsung di Simpang Tiga Buaran – Simpang Empat Viktor – Simpang Empat Muncul hingga Simpang Bundaran Tekno.

Ada 2 opsi yang dijalankan, di mana masing-masing dilakukan selama 2 hari sejak tanggal 20 Desember hingga 24 Desember 2022.

Pada opsi pertama, seluruh kendaraan dari arah BSD menuju Simpang Empat Viktor dibuat satu arah melalui Jalan Buaran.

Lalu arus kendaraan yang menuju Simpang Empat Muncul dari arah Simpang Empat Viktor juga dibuat satu arah.

Baca juga: Sistem One Way di Serpong dan Pamulang Berlaku Efektif Awal 2023

3. Pengendara Motor Cuek Lawan Arah, Ternyata Kena ETLE Mobile

Beberapa pengendara motor terlihat melawan arah dan ditindak menggunakan ETLE MobileDok. @jakut.info Beberapa pengendara motor terlihat melawan arah dan ditindak menggunakan ETLE Mobile

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com