Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Ditutup Saat Malam Tahun Baru, Ini Jalur Alternatifnya

Kompas.com - 30/12/2022, 14:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Bogor akan memberlakukan Car Free Night (CFN) di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat saat malam tahun baru 2023. Seiring kegiatan tersebut, beberapa jalur penting di sana akan ditutup yang berlaku mulai Sabtu, 31 Desember 2022 pukul 18.00 WIB.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata menyatakan bahwa penutupan dan pemberlakuan CFN sampai 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB. Untuk pengendara yang mengarah ke Cianjur dan Bandung dimohon memperhatikan waktu keberangkatan.

Pengendara juga bisa menggunakan jalur alternatif apabila tak ingin terjebak kemacetan saat malam pergantian tahun 2023.

Baca juga: Malam Tahun Baru Jalan Sudirman-Thamrin Ditutup, Cek Rekayasa Lalu Lintasnya

Kendaraan antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak Bogor menyebabkan terjadinya kepadatan di sejumlah titik sehingga Satalntas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah untuk mengurainya.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Kendaraan antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak Bogor menyebabkan terjadinya kepadatan di sejumlah titik sehingga Satalntas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah untuk mengurainya.

"Seperti jalur alternatif Cibubur - Jonggol - Cariu - Cianjur," katanya dalam keterangan tertulis.

Selain itu, Polres Bogor juga akan memberlakukan aturan ganji-genap atau gage di jalur puncak untuk mengurai kemacetan. Aturan tersebut berlaku mulai Jumat hingga Minggu.

Kebijakan yang sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No PM 84 tahun 2021 ini menyatakan, ganjil genap berlangsung mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan hari libur nasional pukul 24.00 WIB.

Baca juga: Truk ODOL Sangat Berbahaya Masuk Kapal Terutama Saat Cuaca Ekstrem

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polres Bogor (@tmcpolresbogor)

"Pemberlakuan ganjil genap di jalur Puncak berlaku setiap hari Jumat mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan hari Minggu pukul 24.00 WIB," tulis akun TMC Polres Bogor.

"Untuk hari libur nasional diberlakukan mulai H-1 pukul 14.00 WIB sampai dengan hari libur nasional pukul 24.00 WIB," lanjut keterangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com