Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Lalu Lintas di Jalur Puncak Bakal Padat Mulai Malam Ini

Kompas.com - 30/12/2022, 14:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa arus lalu lintas di gadok ke arah puncak saat ini masih relatif lancar dan terkendali, meski ada kenaikan volume sebesar 25 persen dibandingkan tahun lalu karena masih ada pembatasan.

Tetapi ia memprediksi, pergerakan di jalur Puncak Bogor akan mencapai puncaknya mulai malam ini, Jumat (30/12/2022) karena sehubungan hari libur dan jelang cuti bersama di akhir tahun.

“Diprediksi akan mulai padat malam ini dan besok saat perayaan malam tahun baru. Jadi saya minta petugas selain melakukan pengendalian lalu lintas juga menjaga keamanan dan ketertibannya,” ucap Budi dalam keterangannya.

Baca juga: Musim Hujan, Ingat Lagi Bahaya Pakai Jas Hujan Ponco

Kendaraan antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak Bogor menyebabkan terjadinya kepadatan di sejumlah titik sehingga Satalntas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah untuk mengurainya.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Kendaraan antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak Bogor menyebabkan terjadinya kepadatan di sejumlah titik sehingga Satalntas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah untuk mengurainya.

Budi meminta petugas kepolisian di lapangan untuk mengantisipasi terjadinya arus balik kendaraan dengan menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas yang diperlukan seperti one way, contra flow, atau kebijakan diskresi lainnya.

Selain itu, juga melakukan pengaturan di tempat istirahat (rest area), dan titik-titik lainnya yang berpotensi terjadi kepadatan.

“Saya juga mengingatkan kepada masyarakat tentang cuaca ekstrem yang terjadi di akhir tahun. Agar tetap waspada dan mengutamakan keselamatan,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menekankan kepada pemilik bus khususnya bus pariwisata agar memastikan armadanya memenuhi aspek keselamatan.

Baca juga: Biar Tenang saat Road Trip, Cek Dulu Kondisi Ban Cadangan

Petugas kepolisian sedang melakukan pengaturan skema ganjil genap di kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas kepolisian sedang melakukan pengaturan skema ganjil genap di kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat.

"Tidak boleh ada bus wisata yang tidak layak dan dipaksakan jalan. Saya minta petugas di lapangan untuk mengawasi dengan baik," kata dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan di malam pergantian tahun di wilayah puncak Bogor, sejumlah antisipasi telah dilakukan petugas kepolisian, di antaranya mengerahkan petugas kepolisian di sejumlah titik krusial di jalur puncak yang jumlahnya meningkat.

Serta, menerapkan malam bebas kendaraan atau Car Free Night (CFN) pada saat malam tahun baru 2023 mulai 31 Desember 2022 pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com