Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembuh dari Diplopia, Marquez Sumbang Rp 1,7 M untuk Pengobatan Mata

Kompas.com - 28/12/2022, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber rideapart

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menyumbang 100.000 euro atau setara Rp 1,7 miliar kepada proyek amal bertajuk Learn for Sight di Barcelona, Spanyol.

Proyek amal ini digalang untuk meningkatkan kesehatan mata di negara kepulauan Haiti. Di mana di negara tersebut dari hampir 12 juta penduduknya hanya memiliki 30 dokter mata.

Baca juga: Biker Harus Tahu Cara Berkendara Motor yang Aman Saat Hujan Deras

Disebutkan lebih 100.000 warga Haiti menderita kebutaan prematur yang sebenarnya dapat disembuhkan dengan pengobatan dini yang tepat.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menyumbang 100.000 euro atau setara Rp 1,7 miliar kepada proyek amal bertajuk Learn for Sight di Barcelona, Spanyol.Foto: Rideapart Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menyumbang 100.000 euro atau setara Rp 1,7 miliar kepada proyek amal bertajuk Learn for Sight di Barcelona, Spanyol.

Marquez ikut menyumbang sebagai rasa terima kasih kepada para dokter di Rumah Sakit yaitu Bernardo Sánchez Dalmau, bersama dengan Jorge Peraza, Alfredo Adán, dan Josep M. Campistol, yang merawatnya saat mengalami diplopia.

“Saya akan selalu berterima kasih kepada Klinik Rumah Sakit atas semua bantuan yang saya terima dengan mata saya, itulah sebabnya saya sangat mempercayai mereka,” kata Marquez mengutip Rideapart, Rabu (28/12/2022).

“Ketika mereka bertanya apakah saya ingin bergabung dalam proyek kerja sama ini, saya tidak ragu sedikit pun," ungkap pebalap asal Spanyol tersebut.

Seperti diketahui Juara Dunia MotoGP enam kali tersebut sempat mengalami diplopia yaitu masalah mata pandangan berbayang. Padahal mata merupakan modal utama para atlet termasuk pebalap motor.

Baca juga: Hitung Seberapa Irit BBM Suzuki Avenis 125, Dalam dan Luar Kota

Marc Marquez mendapatkan pole position MotoGP Jepang 2022 setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 55,214 detik.

AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Marc Marquez mendapatkan pole position MotoGP Jepang 2022 setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 55,214 detik.

Marquez pertama kali menderita diplopia pada 2011 saat berada di Moto2. Hampir 10 tahun berlalu dia kembali mengalami masalah yang sama saat latihan motorcross pada November 2021, dan kemudian bertambah parah karena kecelakaan di GP Mandalika 2022.

“Ketika saya memiliki diplopia, bukan saja saya tidak dapat bersaing, tetapi saya bahkan tidak mandiri. Saya tidak bisa berkeliling dengan mobil dan bergantung pada orang lain; Saya tidak bisa membaca dengan kedua mata terbuka,” kata Marquez.

"Saat Anda melihat dobel, Anda tidak bisa melupakannya sepanjang hari, hanya saat Anda tidur. Penglihatan adalah anugerah yang berharga dan, setelah semua masalah penglihatan yang saya alami, saya lebih menghargainya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber rideapart
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com