Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Motor yang Disuntik Mati pada 2022, Yamaha Terbanyak

Kompas.com - 25/12/2022, 08:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun 2022 pasar otomotif roda dua kembali menggeliat setelah tahun 2020 dan 2021 diterjang pandemi Covid-19. Tahun ini sejumlah pabrikan roda dua mulai gencar meluncurkan produk baru.

Namun roda berputar, ada yang masuk ada juga yang keluar. Peluncuran produk baru diimbangi dengan beberapa model yang akhirnya disuntik mati atau setop produksi alias discontinue.

Baca juga: Komentar Polisi Terhadap Mobil Pelat RF yang Masih Arogan di Jalan

Catatan Kompas.com pabrikan yang paling banyak menghentikan produksi model-modelnya ialah Yamaha. Model pertama yang produksinya diberhentikan oleh Yamaha ialah Nmax model lama.

 Sepeda motor NMAX model terbaru saat diperkenalkan di Sirkuti Karting Sentul, Bogor, Sabtu (9/12/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sepeda motor NMAX model terbaru saat diperkenalkan di Sirkuti Karting Sentul, Bogor, Sabtu (9/12/2017).

Seperti diketahui Nmax model lama tetap dijual meski tipe All New Nmax sudah meluncur pada 2020. Saat itu Yamaha mengklaim peminat Nmax lama masih banyak sehingga perusahaan memutuskan masih menjualnya.

Pada Juni 2022, Yamaha kemudian telah mengonfirmasi menyuntik mati All New Soul GT. Kemudian pada Agustus 2022 giliran Mio Z yang diberhentikan. Menyusul tak lama kemudian ialah Mio S yang setop produksi.

Kemudian Suzuki yang menyetop produksi motor bebek Suzuki Smash pada 2021 kembali merampingkan jajaran modelnya dengan menyuntik mati Suzuki GSX150 Bandit.

Baca juga: Tipikal Pengemudi Mobil Biasa yang Pakai Rotator dan Sirene

Dok. YIMMDok. YIMM Dok. YIMM

Pada awal Februari 2022, Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan GSX150 Bandit sedang setop produksi tapi belum resmi disuntik mati.

Namun nyatanya setelah sekian lama motor sport naked dengan jok menyambung tersebut sudah tidak ada di situs resmi yang tandanya sudah setop produksi. Adapun unitnya masih ada jika mencari di dealer.

"Saat ini kita hanya setop produksi, belum discontinue karena fokus untuk tambah produksi tipe lain yang lebih jalan," kata Agha kepada Kompas.com, Selasa (9/2/2022).

Motor yang stop produksi pada 2022:

Yamaha

  • Nmax model lama
  • All New Soul GT
  • Mio Z
  • Mio S

Suzuki

  • GSX150 Bandit
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com