Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perlu Servis Rem Sebelum Melakukan Perjalanan ke Luar Kota?

Kompas.com - 24/12/2022, 14:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Rencana perjalanan ke luar kota memang harus diiringi dengan persiapan. Tidak hanya persiapan diri, tapi juga perlu menyiapkan segala keperluan selama perjalanan.

Termasuk mempersiapkan kendaraan bila memang rencananya bepergian menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil.

Perlu dipastikan bahwa kendaraan dalam kondisi prima. Namun, apa perlu melakukan servis rem empat roda juga bila belum lama sudah pernah melakukan servis rutin yang ada servis remnya?

Baca juga: TVS Tambah Diler di Cengkareng, Buka Layanan Servis di Rumah

Ilustrasi servis mobilDok.Auto2000 Ilustrasi servis mobil

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan bila memang mobil rutin melakukan servis, dan saat mau bepergian belum saatnya servis maka tidak perlu melakukan pemeriksaan rem empat roda.

“Persiapan luar kota seharusnya tidak membutuhkan biaya banyak, bila memang mobil rutin melakukan servis, bahkan servis rem pun tidak perlu bila memang belum waktunya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (24/12/2022).

Dia mengatakan bila pemilik mobil masih tertib melakukan servis maka servis rem tidak perlu dilakukan.

Baca juga: Perawatan Rem Tromol Mobil, Apakah Bisa Dilakukan Sendiri?

Mobil yang diservis di bengkel resmi Toyota.DOK. TAM. Mobil yang diservis di bengkel resmi Toyota.

 

“Misal belum lama sudah pernah servis berkala kelipatan 20.000 Km, di dalam paket tersebut sudah pasti ada pemeriksaan, pembersihan dan pelumasan rem empat roda, sehingga belum saatnya melakukan servis rem empat roda lagi, maka saat persiapan luar kota tidak perlu servis rem,” ucap Ibrohim.

Justru yang harus melakukan pemeriksaan rem adalah mobil yang tidak rutin melakukan servis yang sesuai dengan buku servis.

“Bila mobil yang sudah tidak rutin melakukan servis, maka persiapan luar kota harus dilakukan servis rem semua roda karena selama perjalanan mobil bakal banyak mengandalkan rem, sementara kondisi rem tidak teratur diperhatikan, apa masih layak atau tidak” ucap Ibrohim.

Baca juga: Biaya Servis New Xpander Cross Selama 5 Tahun, Sebulan Rp 190.000

Seorang mekanik sedang melakukan servis mobil. DOK. TAM. Seorang mekanik sedang melakukan servis mobil.

Dia mengatakan dengan melakukan servis rem, atau servis yang lengkap maka selama perjalanan pengendara menjadi lebih percaya diri karena kondisi rem sudah dipastikan layak pakai.

“Dengan mobil yang remnya dirawat sebelum perjalanan jauh, maka pengendara akan merasa lebih percaya diri, hal itu penting didapatkan oleh pengemudi khususnya,” ucap Ibrohim.

Jadi, pemeriksaan rem empat roda sebelum perjalanan luar kota hanya berlaku untuk mobil yang jarang melakukan servis atau mobil yang sudah tidak rutin servis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com