Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Begal, Polisi Kawal Pemudik di Lampung

Kompas.com - 22/12/2022, 15:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang puncak arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), kepolisian telah menyiapkan segala bentuk rekayasa lalu lintas hingga mitigasi pengamanan bagi para pemudik.

Bagi para pemudik yang akan mengarah ke Pulau Sumatera, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan telah memastikan kesiapan petugas untuk mengawal pemudik di jalur Banten hingga Lampung.

Aan mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Polda Lampung untuk mengantisipasi kejahatan begal yang mengincar pemudik.

Baca juga: Beres Bertugas di KTT G20, Bus Listrik Karya Tanah Air Kini Digunakan di Surabaya

Suasana keramaian di Pelabuhan Merak saat arus mudik dan balik lebaran 2022 laluKOMPAS.COM/RASYID RIDHO Suasana keramaian di Pelabuhan Merak saat arus mudik dan balik lebaran 2022 lalu

Hal ini dilakukan agar volume kendaraan yang melakukan peyeberangan di Merak bisa terpecah, tidak hanya ramai pada malam hari, tapi juga siang hari.

“Kami imbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke arah Merak laksanakan perjalanan siang karena lebih menumpuk pada malam hari,” ujar Aan, disitat dari NTMC Polri (22/12/2022).

“Kita jamin juga keamanan dan keselamatannya di Lampung bersama Polda Lampung,” kata dia.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Insentif Kendaraan Listrik Rp 5 Triliun pada 2023

Aan menambahkan, rest area diprediksi menjadi titik trouble spot saat libur Nataru. Pihaknya sudah mengantisipasi dan melakukan upaya-upaya koordinasi dengan pengelola untuk mengatur keluar masuk kendaraan ke rest area.

“Saat ini masih musim hujan, kemungkinan bencana tanah longsor banjir ada. Siapkan juga kondisi kesehatan, kalau sakit jangan dipaksakan. Siapkan BBM dan tidak kalah penting e-toll karena bisa menghambat di pintu keluar,” ucap Aan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com