Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkutan Umum Beroperasi sampai Dini Hari Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 21/12/2022, 07:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan sarana transportasi publik seperti Transjakarta dan MRT akan beroperasi penuh saat perayaan malam pergantian tahun nanti.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, untuk memfasilitasi warga yang ingin merayakan malam tahun baru, armada Transjakarta dan MRT akan beroperasi hingga pukul 02.00 WIB atau Minggu dini hari.

Namun, pelayanan koridor 1 Blok M-Kota sifatnya situasional. Jika jalur Sudirman-Thamrin sulit dilalui maka akan diakukan rerouting.

Baca juga: Dua Mobil Hybrid Honda Bakal Meluncur di Indonesia pada 2023

Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).

"Kami juga akan siapkan 40 kantong parkir sepanjang Sudirman-Thamrin. Namun, kami harap warga tidak menggunakan kendaraan pribadi," ujar Syafrin dalam keterangan tertulis (20/12/2022).

Menurut Syafrin, untuk mendukung kelancaran ibadah Natal serta perayaan malam tahun baru, pihaknya akan menerjunkan total sebanyak 1.100 personel yang disebar di lokasi keramaian, tempat wisata, terminal, serta pelabuhan.

"Kami juga akan lakukan rekayasa lalu lintas di beberapa lokasi. Khusus sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin kami ploting 144 personel," bebernya.

Baca juga: Patokan Waktu Ganti Oli Mesin untuk Mobil Pemakaian Dalam Kota

Dishub DKI Jakarta juga telah menyiapkan kapal untuk warga yang hendak merayakan malam tahun baru di wilayah Kepulauan Seribu.

Syafrin mengimbau, warga untuk berangkat pada Jumat pagi karena tidak ada layanan sore hari sebab kondisi cuaca.

"Ada 22 kapal rakyat, dan 19 kapal Dishub yang berangkat dari Dermaga Kali Adem ke pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com