BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Citroën

Komitmen Citroën Layani Pelanggan Indonesia Melalui 3 Nilai Utama

Kompas.com - 14/12/2022, 10:18 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi mayoritas masyarakat Indonesia saat ini, nama pabrikan otomotif asal Perancis, Citroën, bisa jadi masih terdengar asing.

Padahal, produsen kendaraan tersebut adalah salah satu pelaku besar dalam dunia otomotif di Eropa. Ketenaran Citroën di Benua Biru tak lepas dari kualitas produk yang ciamik serta nilai-nilai yang ditawarkan untuk para penggunanya.

Banyak orang beranggapan, kendaraan yang dihasilkan oleh Citroën tak hanya mampu memberikan kenyamanan saat berkendara, tetapi juga kebahagiaan berkat berbagai inovasi yang dihadirkan.

Untuk diketahui, Citroen didirikan pada 1919 oleh Andre Citroën yang ingin memanfaatkan fasilitas manufaktur miliknya setelah Perang Dunia (PD) I.

Kala itu, Andre memiliki keinginan besar untuk bisa menciptakan produk kendaraan dengan harga terjangkau bagi masyarakat. Impian ini pun Andre wujudkan dengan menciptakan berbagai produk kendaraan, salah satunya Citroën Type A.

Seperti diberitakan Kompas.id, Jumat (7/10/2022), Citroën Type A memiliki tenaga sebesar 10 horsepower (hp) dan menjadi mobil perdana yang diproduksi pabrik Citroën di Quai de Javel, Vaugirard, Paris.

Dalam perkembangannya, Citroën Type A dikenal sebagai salah satu kendaraan dengan kualitas suspensi terbaik.

Adapun pada 1934, Citroën kembali membuat terobosan dengan mengeluarkan produk Citroën Traction Avant. Kemunculan mobil ini dikatakan berhasil karena mendapat respons positif dari banyak orang.

Saat itu, Traction Avant dinilai sebagai sebuah terobosan baru dalam dunia otomotif. Ini lantaran mobil tersebut menjadi kendaraan pertama yang memiliki sasis unibodi serta suspensi independen empat roda dan penggerak roda depan.

Tak hanya itu, Citroën juga menyematkan Traction Avant dengan peredam karet fleksibel (flexible rubber mounts) di antara mesin dan sasisnya untuk mengurangi getaran mesin.

Dilansir dari laman spinny.com, Selasa (9/2/2021), berkat inovasi yang disematkan pada kendaraan tersebut, Citroën berhasil menjual sebanyak 760.000 unit Traction Avant selama 23 tahun sejak kemunculannya.

Bahkan, inovasi tersebut masih dipraktikkan dan digunakan oleh sebagian besar produsen kendaraan di era modern.

Tak berhenti sampai di situ, Citroën kembali memproduksi mobil inovatif dan ikonik pada 1948, yakni Citroën 2CV.

Kala itu, Citroën 2CV disebut sebagai kendaraan visioner karena mampu mengombinasikan teknik pembuatan yang inovatif dengan desain utilitarian.

Desain Citroën 2CV.Dok. media.stellantis.com Desain Citroën 2CV.

Hal tersebut terlihat dari keberadaan bodywork logam sederhana yang dibuat bergelombang untuk menambah kekuatan tanpa menambahkan bobot.

Berkat desain tersebut, Citroën 2CV pun kerap disebut sebagai kendaraan yang berpengaruh pada zamannya karena hadir dengan konsep yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terutama kelas menengah.

Adapun untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat menengah ke atas, Citroën mengenalkan produk Citroën DS pada 1955.

Untuk diketahui, Citroën DS menjadi pelopor kendaraan dengan suspensi hidropneumatik yang menjadi ciri khas mobil eksekutif Citroën pada tahun-tahun mendatang.

Teknologi tersebut memungkinkan ketinggian suspensi kendaraan dapat disesuaikan dengan mudah melalui tuas di dalam mobil atau self-levelling. Dengan begitu, pengendalian mobil bisa menyesuaikan permukaan jalan.

Citroën tak hanya melakukan inovasi dengan memberikan teknologi suspensi hidropneumatik pada kendaraannya, tetapi juga melalui konstruksi sasis yang terintegrasi dan desain aerodinamis.

Semua inovasi tersebut pun diadopsi secara luas oleh pabrikan mobil lain saat ini menjadikan Citroën sebagai pelopor sejati dalam industri otomotif.

Citroën di Indonesia

Citroën mengumumkan kehadirannya di pasar otomotif Tanah Air pada Minggu (4/10/2022). Citroën pun menunjuk Indomobil Group sebagai agen pemegang merek resmi di Indonesia.

Selain menawarkan produk baru unggulan, Citroën Indonesia juga akan hadir dengan layanan purnajual yang prima untuk mendukung calon konsumen baru.

Chief Executive Officer (CEO) Citroën Vincent Cobee meyakini bahwa Citroën akan dikenal sebagai merek yang berani peduli sesuai dengan tagline yang diusung perusahaan di Indonesia, yakni "Dares to Care".

Citroën resmi hadir di pasar Indonesia pada Oktober 2022. Dok. media.stellantis.com Citroën resmi hadir di pasar Indonesia pada Oktober 2022.

“Citroën akan berupaya untuk peduli terhadap kesejahteraan pelanggan, menjaga kenyamanan, serta peduli dalam memberikan pengalaman digital dan bebas masalah melalui layanan purnajual perusahaan yang bernama Citizen Program,” tutur Vincent dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/11/2022).

Kehadiran Citroën di Indonesia, sambung Vincent, diharapkan dapat memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan. Hal ini diwujudkan perusahaan dengan menghadirkan solusi cerdas melalui inovasi produk dan teknologi untuk masyarakat Tanah Air.

Vincent menambahkan, pasar otomotif di Indonesia memiliki prospek cerah, terutama di masa depan.

Oleh karena itu, ia pun berharap, kemitraan strategis dengan Indomobil Group dapat menawarkan kendaraan yang lebih stylish dan berkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia.

“Citroën juga akan didukung oleh Indomobil melalui jaringan dealer resmi dan bengkel servisnya. Indomobil memiliki pengalaman dan keahlian yang mendalam terkait pengembangan merek melalui strategi jangka panjang yang sukses,” jelas Vincent.

Sementara itu, Chief Operating Officer Citroën untuk India dan Wilayah Asia Pasifik Carl Smiley mengatakan, Indomobil adalah mitra yang mapan dan berharga. Pihaknya juga menilai bahwa Indomobil merupakan perusahaan dengan rekam jejak yang sukses bersama sejumlah merek otomotif global.

“Terpenting, Indomobil memiliki keahlian dan pengalaman panjang di industri otomotif lokal dan fokus yang kuat pada kepuasan pelanggan. Ini kualitas yang dicari Stellantis sebagai mitra untuk membantu kami meluncurkan Citroën di Indonesia yang merupakan bagian dari strategi dari rencana global kami, yakni Dare Forward 2030," kata Carl.

Menanggapi hal tersebut, Head of Business Development Indomobil Group Andrew Nasuri menuturkan bahwa penunjukkan Indomobil sebagai pemegang merek Citroën di Indonesia sebagai sejarah penting.

“Ini akan menjadi tanda dari tonggak sejarah yang mencerminkan kemitraan kuat antara Stellantis Group dan Indomobil Group,” ujar Andrew.

Sebagai informasi, pelanggan yang tertarik untuk melihat produk dari Citroën bisa mengunjungi langsung gerai The Citroën Experience Center di Wisma Indomobil 1, lantai 3, Jalan MT Haryono Kavling 8, Jakarta Selatan. Gerai tersebut beroperasi pukul 08.30 hingga 17.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Sebelumnya, Citroën telah menampilkan sejumlah produk unggulan yang akan dipasarkan di Indonesia melalui pameran yang diadakan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, pada Rabu (7/12/2022) hingga Jumat (9/12/2022).

Bagi yang ingin melihatnya secara online, pelanggan dapat melakukannya dengan mengunjungi situs resmi Citroën Indonesia di alamat www.citroen.co.id.

Pelanggan dapat menikmati pengalaman langsung untuk mengonfigurasi dan menyesuaikan mobil Citroën pilihannya, baik melalui konfigurator tiga dimensi (3D) di ruang pamer maupun melalui situs web.

Dari sisi purnajual, L’Attelier Citroën juga menawarkan layanan unik, termasuk home service yang menyediakan layanan perawatan berkala dan perbaikan umum untuk para pelanggan di mana saja.

Mengedepankan tiga nilai utama

Sejak didirikan pada 1919, Citroën berkomitmen untuk bisa memberikan pengalaman luar biasa kepada para pelanggan melalui inovasi produk dan dan teknologi yang dihadirkan, termasuk di Indonesia.

Vincent menjelaskan bahwa hal tersebut selaras dengan tiga nilai utama yang dipegang teguh oleh Citroën, yakni Human (kemanusiaan), Well-being (Kesejahteraan), dan Audacity (Keberanian).

Nilai Human merupakan cerminan dari sebuah kemajuan. Hal ini tampak dari keberadaan produk Citroën yang dapat diakses dan dinikmati oleh semua kalangan.

Citroen resmi memasarkan produk kendaraannya di Indonesia pada 2023. Dok. PT Indomobil Wahana Trada Citroen resmi memasarkan produk kendaraannya di Indonesia pada 2023.

Tak hanya itu, nilai tersebut juga diwujudkan perusahaan dengan menghadirkan pilihan produk yang cocok untuk digunakan dalam setiap kesempatan. Langkah ini dilakukan demi memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

“Seluruh proses kepemilikan Citroën pun dapat dilakukan dengan mudah dan praktis secara online, mulai dari pemesanan kendaraan hingga penerbitan e-quotation bagi pelanggan. Tidak hanya itu, Citroën juga menyiapkan aplikasi My Citroën sebagai loyalty program untuk mempermudah pelayanan purnajual,” kata Vincent.

Sementara itu, nilai Well-being menjanjikan worry-free experience sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dalam memberikan solusi terbaik bagi setiap permasalahan melalui layanan customer service.

Hal tersebut diberikan kepada pelanggan untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam kepemilikan kendaraan Citroën.

“Dalam setiap interaksi dengan pelanggan, Citroën advisors akan selalu siap di setiap tahap penjualan dan purnajual. Interaksi dapat dilakukan langsung saat terjadi masalah pada kendaraan dengan menghubungi layanan call center 24 jam. Selain itu, ada juga roadtrip assistance dan bantuan perbaikan kendaraan yang dipandu langsung melalui hubungan telepon (telemaintenance),” terang Vincent.

Terakhir, melalui nilai Audacity, Citroën berupaya untuk selalu berinovasi dalam membantu mobilitas masyarakat, terutama para pelanggan di Indonesia. Inovasi ini ditunjukkan melalui berbagai terobosan dalam pengembangan teknologi dan desain.

“Citroën selalu menghasilkan mobil-mobil dengan konsep yang unik dan terkini. Kami juga menawarkan produk yang didesain untuk menunjang kenyamanan secara maksimal dengan kualitas yang terbaik,” tutur Vincent.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com