Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pasang Dashcam, Siapkan Dana Rp 1,8 Jutaan

Kompas.com - 13/12/2022, 17:13 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamera dasbor atau dashboard camera (dashcam) mulai banyak digunakan di mobil. Fungsinya cukup penting dan harganya pun cukup terjangkau.

Kehadiran dashcam di mobil bisa digunakan untuk merekam kejadian atau kasus kecelakaan hingga tindak pidana. Sehingga, bisa dijadikan sebagai alat bukti nantinya.

Baca juga: Dashcam Jadi Alat Bukti Modus Kecelakaan Berujung Pemerasan

Pemilik workshop Automania Hendra Budiman mengatakan, dashcam yang dia sediakan kisaran harganya ada di angka Rp 1,75 jutaan.

Salah satu produk yang bisa digunakan untuk merekam kejadian di jalan, yakni Dashcam BlackvueDashcam Blackvue Salah satu produk yang bisa digunakan untuk merekam kejadian di jalan, yakni Dashcam Blackvue

"Dashcam yang kita jual model two ways dan bisa ditampilkan di kaca spionnya sebagai monitor. Tapi, kalau di aftermarket sendiri, ada model yang tanpa spion tengah atau monitor," ujar Hendra, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Hendra menambahkan, dashcam yang jual sifatnya universal. Artinya, bisa diaplikasikan di semua mobil, baik mobil modern maupun mobil lawas.

Baca juga: Banyak Aksi Brutal di Jalan, Pentingnya Dashcam Jadi Alat Bukti

Ragam aksesori dashcam di arena Telkomsel IIMS 2019Kompas.com/Setyo Adi Ragam aksesori dashcam di arena Telkomsel IIMS 2019

"Mungkin perbedaan harga di tingkat kesulitan pemasannya saja. Contohnya, di mobil-mobil premium pasti harga instalasinya lebih mahal dibanding mobil umum," kata Hendra.

Hendra mengatakan, setiap mobil punya tingkat kesulitan pemasangan dashcam yang berbeda. Untuk mobil yang umum, seperti Toyota Avanza atau Kijang Innova, harganya dipatok mulai Rp 1,8 juta untuk merek Mtech yang dia pasarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com